LDII Tanah Laut Hadiri Rapat Koordinasi Tim PAKEM

LDII Tanah Laut Hadiri Rapat Koordinasi Tim PAKEM


Tanah Laut (16/3). DPD LDII Kabupaten Tanah Laut menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan dalam Masyarakat (PAKEM). Acara diselenggarakan di Aula Kejaksaan Negeri Tanah Laut pada Rabu (6/3).

Rakor tersebut dibuka oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Laut, Teguh Imanto. Teguh mengatakan tujuan utama acara ini adalah membina kerukunan intern umat beragama, meningkatkan toleransi antar umat beragama.

“Selain itu, acara ini juga memperkuat hubungan baik antara umat beragama dan pemerintah dalam konteks pembangunan keutuhan NKRI,” ujar Teguh sekaligus Koordinator PAKEM Tanah Laut.

Teguh menyampaikan pentingnya peran Tim PAKEM dalam melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap aliran kepercayaan, maupun aliran keagamaan yang dinilai menyimpang atau bertentangan dengan ajaran agama induk dan adat kebiasaan masyarakat.

“Langkah-langkah strategis antisipatif diharapkan dapat dirumuskan untuk mencegah potensi keresahan dan penodaaan terhadap ajaran agama yang diyakini oleh masyarakat,” harapnya.

Ketua DPD LDII Tanah Laut, Anton Kuswoyo mendukung langkah antisipatif Tim PAKEM dalam mencegah penyimpangan aliran kepercayaan maupun aliran keagamaan di wilayah tersebut, “Kami menegaskan bahwa langkah-langkah ini sangat penting untuk menjaga kedamaian dan kerukunan di tengah masyarakat yang beragam,” ujarnya.

Anton juga menyoroti pentingnya deteksi dini terhadap potensi penyimpangan di masyarakat, sehingga tindakan pencegahan dapat dilakukan lebih efektif untuk menjaga kerukunan umat beragama.

“Diharapkan Rakor ini tidak hanya menjadi pertemuan rutin, tetapi juga menjadi tonggak awal dalam membangun lingkungan sosial yang lebih harmonis dan damai di Kabupaten Tanah Laut,” pungkasnya. (FWI/LINES)

Post a Comment

Previous Post Next Post