Sambal Tumpang Kediri, Masakan Khas yang Selalu Bikin Rindu

Sambal Tumpang Kediri, Masakan Khas yang Selalu Bikin Rindu


Sambal tumpang adalah salah satu masakan khas dari Kediri, Jawa Timur, yang memiliki cita rasa unik dan lezat. Sambal ini terbuat dari tempe semangit, yaitu tempe yang sudah berfermentasi dan berwarna kecokelatan dengan rasa asam dan aroma asap. Tempe semangit ini kemudian diuleg bersama bumbu-bumbu seperti cabai, bawang, ebi, kencur, garam, dan gula, lalu direbus dengan santan, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas. Hasilnya adalah sambal yang gurih, pedas, dan sedikit asam, yang cocok disantap dengan nasi hangat dan sayuran rebus.

Sambal tumpang merupakan warisan kuliner dari nenek moyang masyarakat Kediri, yang dulu memanfaatkan tempe semangit sebagai bahan makanan alternatif saat kesulitan mendapatkan bahan makanan lain. Tempe semangit juga dianggap sebagai makanan yang memiliki khasiat untuk kesehatan, karena mengandung bakteri baik yang bermanfaat untuk pencernaan. Selain itu, tempe semangit juga memiliki nilai ekonomis, karena bisa bertahan lebih lama daripada tempe biasa, dan bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Sambal tumpang biasanya disajikan dengan sayuran rebus seperti kangkung, bayam, kacang panjang, dan tauge, serta kerupuk karak atau kerupuk kulit. Di beberapa daerah, sambal tumpang juga ditambahkan dengan kerecek, kikil, atau tetalan, yaitu daging sapi berlemak yang direbus dan digoreng. Sambal tumpang juga bisa dinikmati dengan bubur, lontong, atau ketupat, sebagai sarapan atau makan siang yang mengenyangkan.

Bagi Anda yang ingin mencicipi sambal tumpang, Anda bisa mendapatkannya di warung-warung makan di Kediri, atau di rumah makan yang menyediakan menu khas Jawa Timur. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah, dengan membeli tempe semangit di pasar tradisional atau di tukang tempe, atau dengan membiarkan tempe segar di suhu ruangan selama beberapa hari hingga berubah warna dan tekstur. Resep sambal tumpang bisa Anda temukan di internet, atau Anda bisa mengikuti resep yang saya dapatkan dari hasil pencarian web .

Sambal tumpang adalah salah satu masakan khas Indonesia yang patut dibanggakan, karena memiliki keunikan dan kelezatan yang tidak dimiliki oleh masakan lain. Sambal tumpang juga merupakan bukti dari kreativitas dan kearifan lokal masyarakat Kediri, yang mampu mengolah bahan makanan sederhana menjadi hidangan yang menggugah selera. Sambal tumpang adalah masakan yang selalu bikin rindu, baik bagi Anda yang pernah mencobanya, maupun bagi Anda yang belum pernah mencobanya.

Masakan khas Kediri yang terbuat dari tempe semangit, yaitu tempe yang sudah berfermentasi dan berwarna kecokelatan. Sambel ini memiliki rasa gurih, pedas, dan sedikit asam, yang cocok dimakan dengan nasi dan sayuran rebus. Berikut ini adalah resep sambel tumpang khas Kediri :

Bahan-bahan:

- 6 potong tempe bungkus
- 4 potong tempe semangit
- 4 potong tahu putih
- 100 gr kerupuk kulit
- 1 batang sereh
- 5 lembar daun jeruk purut
- 2 lembar daun salam
- 2 cm lengkuas
- 500 cc santan kental
- 2 sdt gula pasir
- 1 sdm garam

Bumbu halus:

- 5 siung bawang merah, rebus
- 5 siung bawang putih, rebus
- 250 g cabai merah dan cabai rawit, rebus
- 1 sdm ebi
- 2 cm kencur

Cara membuat:

- Rebus tempe, tempe semangit, tahu, dan kerupuk kulit hingga lunak. Angkat dan tiriskan.
- Haluskan bumbu bersama ebi, kencur, garam, dan gula.
- Tumbuk tempe dan tempe semangit hingga agak halus.
- Rebus santan bersama bumbu halus, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas. Tambahkan tempe, tahu, dan kerupuk kulit. Aduk rata dan biarkan mendidih hingga agak kental.
- Sajikan sambal tumpang dengan sayuran rebus seperti kangkung, bayam, kacang panjang, dan tauge, serta kerupuk karak.


Post a Comment

Previous Post Next Post