Milenial dan Generasi Z Jadi Pahlawan Masa Depan Lingkungan Hidup

ketum ldii



Jakarta, 23 Januari 2024 - Generasi muda, terutama milenial dan generasi Z, menjadi perhatian utama para pegiat lingkungan hidup. Hal ini karena generasi muda dinilai lebih peduli terhadap lingkungan hidup daripada generasi sebelumnya.

"Generasi muda sangat perhatian terhadap kerusakan lingkungan. Karena dalam beberapa dekade mendatang, merekalah yang mewarisi bumi," kata Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso.

Menurut KH Chriswanto, generasi muda seharusnya memikirkan lingkungan hidup karena kemakmuran masa depan tanpa ditopang lingkungan hidup yang sehat, tiada artinya. Ia membuat analogi sederhana, ketika pemanasan global menggagalkan panen, masyarakat berduit pun tak akan bisa membeli bahan pangan.

Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, LDII terus menggalakkan gerakan peduli lingkungan hidup. "Peduli terhadap lingkungan hidup merupakan langkah strategis untuk menjadi pahlawan dunia," kata KH Chriswanto.

LDII juga menggelar berbagai kegiatan untuk membangkitkan kesadaran bagi kaum muda LDII untuk melestarikan lingkungan hidup. Mulai dari mendaur ulang sampah, memilah sampah, hingga membersihkan lingkungan dengan cara kerja bakti.

"Harapannya dengan lomba ini, nanti teman-teman menjadi Kader Gemilang bisa mengekspresikan apa kontribusi yang sudah mereka lakukan terkait dengan isu lingkungan," kata Sudarsono, Ketua DPP LDII Koordinator Bidang Litbang, IPTEK, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup (LISDAL).

Selain langkah nyata merawat lingkungan, DPP LDII juga telah menggelar lomba kreativitas seni mengenai lingkungan hidup, yang pemberian hadiahnya dilaksanakan pada Sabtu (21/1), “Kami telah menggelar lomba kreativitas seni mengenai lingkungan hidup sebagai ajang bagi para Kader Gemilang LDII untuk menyuarakan aksi pelestarian lingkungan hidup,” ungkap Guru Besar Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB). 

Ia mengatakan pada 2022, LDII sudah membentuk Kader Gemilang dan terus menggiatkan mereka. Dan lomba itu, merupakan usaha untuk memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengekspresikan kreativitasnya terkait dengan lingkungan hidup,” ucapnya.

Lomba tersebut lanjutnya terdiri dari empat kategori yang meliputi lomba video pendek, lomba mendesain poster, lomba karya tulis atau essai, dan aksi nyata lingkungan hidup. “Harapannya dengan lomba ini, nanti teman-teman menjadi Kader Gemilang bisa mengekspresikan apa kontribusi yang sudah mereka lakukan terkait dengan isu lingkungan,” ucapnya.

Ia melanjutkan DPP LDII juga tengah bekerja sama dengan Griffith University melalui Direktur Centre for Environment and Population Health School of MDP Medicine Griffith University, Australia, Prof. Cordia Chu dalam berbagai inisiatif program, untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan kerusakan lingkungan. “Sebetulnya lomba ini inisiasiasinya adalah seminar internasional yang dilakukan oleh DPP LDII bersama dengan Griffith University,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, ke depan, LDII akan kembali menggelar lomba lingkungan hidup dengan jangkauan yang lebih luas. “Harapannya ini akan kembali diselenggarakan sebagai media untuk para Kader Gemilang LDII agar bisa terus menampilkan karya-karya terbaik mereka,” tutupnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post