Eco-printing: Seni Cetak dengan Bahan-Bahan Alam

Eco-printing: Seni Cetak dengan Bahan-Bahan Alam


Seni cetak adalah salah satu bentuk ekspresi kreatif yang dapat dilakukan dengan berbagai media, salah satunya adalah kain. Kain dapat dicetak dengan berbagai teknik, mulai dari yang tradisional hingga modern, dengan menggunakan berbagai bahan, mulai dari yang sintetis hingga alami. Salah satu teknik cetak yang menggunakan bahan alami adalah eco-printing.

Eco-printing adalah teknik cetak yang memanfaatkan tanaman, daun, dan bunga untuk menciptakan bentuk, warna, dan motif pada kain. Bahan-bahan alam tersebut dibungkus di dalam kain, kemudian dikukus atau direbus untuk melepaskan zat pewarna yang terdapat secara alami di dalamnya, sehingga menciptakan cetakan kontak yang sesuai dengan bentuk daun atau bunga yang digunakan. Cetakan kontak ini disebut sebagai "eco-print".

Setiap hasil eco-printing adalah unik dan tidak ada yang sama. Tempatkan setiap daun dengan tangan (atau, kadang-kadang, dengan pinset), menciptakan pola dan palet warna yang menarik. Kemudian, kain, dengan bahan alam di dalamnya, digulung rapat di sekitar pipa atau tongkat. "Bundel" tersebut dilemparkan ke dalam pengukus atau panci berisi air. Panas melepaskan zat pewarna dari tanaman, mewarnai kain di sebelah daun. Warna-warna terungkap saat bahan alam diangkat dari kain yang dibuka.

Warna-warna berubah seiring berubahnya musim. Jika Anda melihat palet warna yang Anda suka, sebaiknya Anda membelinya segera, karena saya bekerja dalam batch kecil dan kombinasi warna tertentu mungkin tidak akan tersedia lagi sampai musim tumbuh berikutnya.

Dengan pewarna tanaman, penting untuk menggunakan sabun yang netral pH, jika tidak warna mungkin berubah. Pencarian internet sederhana akan memberi tahu Anda merek sabun mana yang netral pH.

Salah satu hal favorit untuk dirancang adalah potongan-potongan yang digantung di dinding. Lapisi kain dan warna, melampirkan elemen dengan tangan untuk menciptakan desain yang selesai. Perhatian diberikan pada detail dan semuanya diwarnai secara alami. Sampai ke benang sutra dan wol. Setiap potongan dibungkus di sekitar bingkai kayu dan siap digantung.

Post a Comment

Previous Post Next Post