Rakerda LDII Jember Tekankan Perkuat SDM Profesional Religius di Tingkatan PC dan PAC

Rakerda LDII Jember

 

JEMBER. Rapat Kerja Daerah DPD LDII Kabupaten Jember dilaksanakan pada 24-25 Desember 2023 di Hotel Rembangan mengambil tema "Melalui Rakerda kita Perkuat SDM Profesiinal Religius untuk Mewujudkan Kabupaten Jember yang Maju, Sejahtera dan Mandiri"

Rakerda dibuka Kepala Bakesbangpol Jember, Drs.Sigit Akbari,  M.Si. mewakili Bupati Jember. Ketua DPD LDII Jember, H.Akhmad Malik Afandi, SP menyampaikan bahwa peserta rakerda terdiri dari Dewan penasehat,  pengurus pleno dan ketua PC se Kabupaten Jember. Malik menyampaikan bahwa Rakerda LDII Jember menjadi kewajibannya dalam menjalankan roda organisasi. "Rakerda LDII ini dalam rangka menjalankan organisasi dan dalam rangka mensosialisasikan program kerja LDII hasil Rakernas pada 7-9 November 2023 lalu di Jakarta," terang Malik.


Rakerda LDII Jember


Melik menjelaskan bahwa 8 program utama LDII menjadi program unggulan untuk bisa berkolaborasi, bersinergi dengan pemerintah di Jember, yaitu:

1. Program Kebangsaan

2. Program Keagamaan

3. Program Pendidikan

4. Program Ekonomi Syariah

5. Program Kesehatan Herbal

6. Program Ketahanan Pangan dan Lingkungan

7. Program Teknologi Digital,  dan 

8. Program Energi Baru Terbarukan

Malik juga menyampaikan bahwa pelaksanaan rakerda nanti juga akan ada outbound bagi peserta. "Agar rakerda ini tidak monoton di laksanakan di aula, agar lebih berkesan besok ada outbound," terangnya.

8 program LDII tersebut menjadi kontribusi yang nyata bagi kehidupan masyarakat kita menuju kemajuan bangsa dan negara, kata Sigit. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Bakesbangpol Jember  mengajak kepada semua elemen bangsa termasuk LDII untuk menjaga kerukunan dan kekompakan. "Di tagun politik ini kita punya kewajiban bersama untuk mensukseskan pemilu dengan tetap menjaga kerukunan," kata Sigit.


Rakerda LDII Jember


Sigit memberikan apresiasi kepada LDII yang terus berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Jember. "8 program utama LDII yang disampaikan Mas Malik ini kalau dikerjakan dengan sungguh dan berkelanjutan ini akan sangat luar biasa. Maka tentu yang penting adalah memperkuat Sumber Daya Manusia atau SDM seperti tema Rakerda," terang Sigit.

Sigit juga menyambut positif adanya outbound pada rakerda LDII Jember. "Outbound itu mengedepankan kerjasama dan sebagai organisasi tentu saja harus mengedepankan kerjasama tidak mengedepankan egonya sendiri," tukasnya.

Rakerda LDII ini termasuk dalam rangka menyiapkan rencana kerja LDII Kabupaten Jember tahun 2024. Dalam rakerda ini Malik berharap adanya masukan dari Ketua Cabang untuk program DPD LDII.

Malik memberikan apresiasi kepada PC LDII yang dalam pelaporan kegiatannya melalui monev LDII di Jawa Timur termasuk PC LDII yang tumbuh dan berkembang. Program-program LDII pada tahun 2023 pada dasarnya sudah terlaksana dengan baik dan diteruskan oleh PC LDII di Kabupaten Jember. "Kepada PC LDII yang telah tumbuh dan berkembang akan kita berikan penghargaan," tegasnya.

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan dan saran dari PC LDII, Malik bersama pengurus DPD LDII akan segera menindaklanjutinya. "Usulan yang berkaitan dengan program kerja akan kita tindaklanjuti, terkait dengan saran yang baik tentu kita apresiasi," terangnya.

Beberapa masukan dan saran dari peserta diantaranya terkait sosialisasi hasil Rakernas seyogyanya dapat disosialisasikan ke PC. Terkait SK Kepengurusan Kecamatan (PC) dan penguatan papan nama PC. Bagian hubungan antar lembaga apakah boleh pengurus PC dan PAC melakukan hubungan denga ormas lain. 

Mali menerangkan bahwa dalam hubungan antar lembaga, pengurus seharusnya melakukan hubungan di tingkatannya masing-masing. Kalau PC ya tingkatannya dengan tingkat kecamatan bisa dengan muspika kecamatan, organisasi di tingkat kecamatan atau ke bawahnya. Melik menghimbau untuk tetap menjaga kerukunan dan kekompakan. Terkait di tahun politik semua pengurus supaya tidak terlibat dalam politik. "Yang menjadi caleg dilarang menjadi pengurus maka kalau nyaleg supaya mundur dari kepengurusan di LDII," tegasnya. 

Sudah ditegaskan oleh ketua DPP LDII, KH. Chriswanto Santoso bahwa LDII berperan aktif mensukseskan pemilu dan memberikan hak pilih kepada warganya. Malik juga menegaskan kepada warga LDII Jember untuk bebas aktif tidak golput dalam pemilu. "Warga LDII dilarang golput, karena 1 pilihan dapat menentukan untuk memilih pemimpin baik presiden maupun anggota dewan dari tingkat Kabupaten, Provinsi maupun DPD dan DPRRI," kata Malik.

Dalam rangka menjaga kerukunan dan keutuhan dimasa tahun politik ini, LDII sudah menyiapkan ketentuan-ketentuan bagi warga LDII yang turut maju dalam kontestasi pemilu tahun 2024. Termasuk ada warga LDII yang menjadi tim sukses pasangan calon atau caleg. Malik menegaskan bahwa warga LDII didorong untuk aktif mensukseskan pemilu, tidak golput tapi mengedepankan kerukunan dan kedamaian. "Jangan sampai gara-gara beda pilihan warga LDII jadi tidak rukun, dengan warga, tetangga dan ormas lain jadi tidak rukun," pungkasnya .

Post a Comment

Previous Post Next Post