LDII Banten Gandeng Radar Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Meningkatkan Kualitas Informasi dan Wawasan Pemuda

LDII Banten Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Meningkatkan Kualitas Informasi dan Wawasan Pemuda


Serang, Banten (21 Desember 2023) - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Banten menggelar pelatihan jurnalistik bertajuk "Membangun Jejaring Komunikasi dan Informasi untuk Memberitakan Kontribusi LDII dalam Gerakan Masyarakat Madani", di Aula Gedung DPW LDII Banten, Serang, pada Minggu (17/12).

Pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta dari perwakilan DPD kabupaten/kota se-Banten. Peserta mendapatkan materi tentang dasar-dasar jurnalistik, penulisan berita, fotografi, dan videografi.

Ketua LDII Banten Dimo Tomo Sumito dalam sambutannya menyambut positif perkembangan era digitalisasi menuju 5.0.

"Pentingnya peningkatan kompetensi jurnalistik di kalangan pemuda LDII. Dengan semangat pembangunan masyarakat madani," ujarnya.

Dimo berharap, melalui pelatihan itu, dapat melahirkan jurnalis LDII yang profesional, "Dengan muatan konten yang berkualitas."

Sementara itu, Ketua Biro KIM DPW LDII Banten Edi Iriyanto mengungkapkan, pentingnya pelatihan jurnalistik di era digital.

"Sekarang itu eranya media, setiap hari banyak yang harus diberitakan, begitu pun ormas Islam yang tidak sedikit jumlahnya dan banyak pula kegiatannya, sehingga pemuda LDII seharusnya juga bisa menulis, baik di media online dan juga media cetak," ungkapnya.

Dengan adanya pelatihan yang diadakan itu, tambahnya, menambah wawasan kepada peserta yang hadir, "Sehingga peserta semakin mampu dalam mempraktekkan secara langsung, seperti mewawancarai narasumber, mengambil gambar, dan menulis berita, serta dapat memperluas relasi."

Ia berharap, para peserta menjadi agen perubahan di daerahnya masing-masing. Sehingga dapat memproduksi konten-konten positif di media sosial.

"Kami harus mengisi dunia digital ini dengan hal-hal positif, sehingga kontribusi LDII dapat dirasakan oleh masyarakat," tutupnya.

Pelatihan ini dianggap sebagai langkah konkrit LDII Banten dalam membentuk jurnalis yang mampu menyajikan informasi akurat, berimbang, dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Harapan besar diletakkan pada peserta, mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh untuk memberikan kontribusi positif dalam membangun masyarakat madani melalui penyebaran informasi yang bertanggung jawab dan informatif. Pelatihan ini menjadi investasi berharga dalam menanamkan nilai-nilai jurnalistik yang etis dan profesional kepada para peserta," tutupnya.

Pelatihan ini merupakan langkah positif dari LDII Banten untuk meningkatkan kualitas informasi dan wawasan pemuda. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat menjadi agen perubahan yang menyebarkan informasi yang akurat, berimbang, dan bermanfaat bagi masyarakat.

Post a Comment

Previous Post Next Post