Ketum LDII Apresiasi Gelar Karya Siswa, Expo Campus, dan Job Fair Mini SMK Budi Utomo Jombang



Jombang. Ketua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso mengapresiasi “Gelar Karya Siswa, Expo Campus, dan Job Fair Mini”, yang dihelat SMK Budi Utomo, Jombang, Jawa Timur, pada Kamis (14/12). Menurutnya, kegiatan itu merupakan salah satu cara melahirkan generasi unggu, menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Siswa dapat berkreasi sekaligus berinovasi menciptakan karya. Semua berawal dari hal kecil kemudian menjadi hal besar. Dengan kegiatan ini kami optimistis bisa mewujudkan SDM unggul,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Jawa Timur Wilayah Kabupaten Jombang Srihartati yang diwakili Kasi SMK Elfian Rosadi, ”Dengan adanya gelar karya expo campus ini mendekatkan siswa khususnya kelas 12 kepada dunia kerja. Sehingga ini dapat mengurangi angka pengangguran di Jombang,” ujarnya.

Dijelaskan, jumlah lulusan SMK di Jombang setiap tahunnya mencapai 1.000 siswa. Dengan kegiatan seperti ini diharapkan dapat memaksimalkan penyerapan tenaga kerja ke perusahaan. ”Kegiatan ini sangat positif, kami mendukung diadakan setiap tahun,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Yayasan Pendidikan Budi Utomo Gadingmangu, Toto Raharjo mengatakan kegiatan sebagai wujud kreativitas siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Selama ini pelajaran-pelajaran di sekolah dan inilah prakteknya. Anak-anak mewujudkan karyanya selama di sekolah,” katanya.

Selain itu, kegiatan juga mempertemukan dan mengenalkan siswa lebih dulu dengan dunia industri, dunia kerja dan dunia Perguruan Tinggi. Pesertanya sendiri dari dunia industri dan Perguruan Tinggi di Jawa Timur dan sekitarnya.

“Semuanya total ada sekitar 70 stand dari berbagai industri juga dari perguruan tinggi,” terang Toto.

Ada berbagai lowongan kerja dibuka secara langsung di stand industri. Pengunjung bisa mengajukan lamaran langsung. Selain itu ada juga stand yang disediakan dari Barcom, mengadakan lomba merakit dan memasang CCTV untuk siswa.

Menurut Toto, SMK Budi Utomo sebagai pilot project pendidikan formal yang ada di Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII).

Diharapkan para generasi penerus LDII, terutama alumni dari SMK Budi Utomo dan SMA Budi Utomo nantinya bisa menjadi pemimpin ke depan.

“Target pendidikan generasi muda di dalam LDII itu ada tiga yaitu pertama akhlakul karimah, kedua alim-faqih, berilmu dan paham tentang agama, dan ketiga mandiri,” jelasnya.

Kemandirian inilah yang menjadi tumpuan di SMK Budi Utomo, Kemandiriannya dibekali dengan berbagai skill. “Demikian langkah-langkah yang diambil yayasan untuk pembinaan generasi penerus LDII,” tandasnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post