Megawati Resmi Umumkan Mahfud MD sebagai Cawapres Ganjar Pranowo

Megawati Resmi Umumkan Mahfud MD sebagai Cawapres Ganjar Pranowo


JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, secara resmi mengumumkan Mahfud MD sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Pengumuman ini disampaikan di kantor DPP PDIP, Jakarta, pada Rabu (18/10/2023) pagi.

Megawati mengatakan bahwa keputusan ini diambil setelah melakukan musyawarah mufakat dengan para ketua umum partai koalisi pendukung Ganjar, yaitu PPP, Hanura, dan Perindo. Megawati juga mengatakan bahwa Mahfud MD adalah sosok intelektual mumpuni yang memiliki pengalaman luas di tiga lembaga negara, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

“Semua saya kontemplasikan dan saya tuju sebesar-besarnya demi kepentingan bangsa Indonesia. Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim maka calon wakil presiden yang dipilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Profesor Doktor Mahfud MD,” ujar Megawati.

Dalam acara pengumuman tersebut, hadir pula Ganjar Pranowo yang mengenakan kemeja hitam dan Mahfud MD yang mengenakan kemeja hijau berpeci hitam. Keduanya tampak kompak dan saling berjabat tangan. Selain itu, juga hadir para pengurus Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar, seperti Ketua TPN Arsjad Rasjid dan Wakil Ketua TPN Andika Perkasa.

Profil Singkat Mahfud MD

Mahfud MD memiliki nama lengkap Mohammad Mahfud MD. Ia lahir di Sampang, Madura, pada 13 Mei 1957. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) pada tahun 1983. Ia kemudian melanjutkan pendidikan magister dan doktor di bidang Ilmu Politik dan Ilmu Hukum di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Mahfud MD memiliki karier yang cemerlang di berbagai bidang. Ia pernah menjadi anggota DPR dari Fraksi PPP pada tahun 1992-1999. Ia juga pernah menjadi Menteri Pertahanan dan Menteri Kehakiman dan HAM pada era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Selain itu, ia juga pernah menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) pada tahun 2008-2013.

Saat ini, Mahfud MD menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) di Kabinet Indonesia Maju. Ia dikenal sebagai sosok yang berani dan jujur dalam menyampaikan pendapatnya. Ia juga aktif dalam berbagai organisasi kemasyarakatan dan keagamaan.

Harapan dan Tantangan Pasangan Ganjar-Mahfud

Pasangan Ganjar-Mahfud merupakan salah satu kandidat kuat dalam Pilpres 2024. Keduanya memiliki elektabilitas yang tinggi di kalangan masyarakat. Menurut survei Indikator Politik Indonesia pada September 2023, Ganjar-Mahfud mendapatkan dukungan sebesar 28,6 persen dari responden.

Pasangan ini juga memiliki basis dukungan yang luas dari berbagai lapisan masyarakat. Ganjar dikenal sebagai gubernur Jawa Tengah yang dekat dengan rakyat dan berhasil membangun daerahnya dengan baik. Mahfud dikenal sebagai tokoh nasionalis-religius yang memiliki wawasan luas tentang hukum tata negara dan politik.

Selain itu, pasangan Ganjar-Mahfud juga harus menghadapi isu-isu sensitif yang bisa memecah belah bangsa, seperti isu agama, etnis, dan ideologi. Pasangan ini harus mampu menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia di tengah berbagai perbedaan yang ada. Pasangan ini juga harus mampu menawarkan visi dan misi yang jelas dan konkret untuk memajukan Indonesia di masa depan.

Post a Comment

Previous Post Next Post