Kemenag Kotim Sosialisasikan Persiapan Ibadah Haji 2024

Kemenag Kotim Sosialisasikan Persiapan Ibadah Haji 2024

SAMPIT - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menyelenggarakan sosialisasi tahapan persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 pada hari Selasa, 12 Oktober 2023. Bertempat di Aula Kemenag, Jl. Kapten Mulyono No.25, Sampit.

Acara ini dihadiri oleh calon jamaah haji dari berbagai kecamatan di Kotim, serta pemateri dari Kemenag Kotim, Dinas Kesehatan Kotim, dan Kantor Imigrasi Sampit. Tujuan acara ini adalah untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada calon jamaah haji tentang hal-hal yang berkaitan dengan persiapan keberangkatan haji, seperti istithaah, paspor, dan kesehatan.

Saat membuka acara, Kepala Kantor Kemenag Kotim, Drs. Khairil Anwar menyampaikan pentingnya memahami hal-hal terkait persiapan keberangkatan calon haji. “Terkait masalah istithaah bagi calon jamaah haji supaya diperhatikan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Khairil Anwar menerangkan bahwa istithaah haji mencakup aspek finansial dan kesehatan. Istithaah kesehatan jamaah haji memiliki makna kemampuan jamaah haji dari aspek kesehatan yang meliputi fisik dan mental yang terukur dengan pemeriksaan. Sehingga, jamaah bisa menjalankan ibadah haji sesuai dengan syariat agama Islam.

“Semoga calon haji Kotim diberikan kesehatan, sehingga bisa berangkat semua,” pungkasnya.


Sosialisasikan Persiapan Ibadah Haji 2024

Baca : Doa Minta Berangkat Haji

Sementara itu, pemateri dari Kantor Imigrasi Sampit menjelaskan tata cara dan persyaratan calon haji untuk membuat paspor. Menurutnya, paspor merupakan dokumen penting yang harus dimiliki oleh calon jamaah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci. Pemateri juga memberikan tips dan trik untuk mengurus paspor dengan mudah dan cepat.


Sosialisasikan Persiapan Ibadah Haji 2024


Pemateri dari Dinas Kesehatan Kotim menyampaikan kepada calon jamaah haji untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tahap awal di puskesmas yang ada di wilayah Kotawaringin Timur. Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi fisik dan mental calon jamaah haji, serta untuk mencegah penularan penyakit saat berada di Tanah Suci.


haji kotim


Pada musim haji tahun 2024, Kabupaten Kotim mendapat kuota sebanyak 150 orang,"Hingga saat ini baru 130 yang menyatakan kesanggupan untuk berangkat," ucap Ririn, salah satu petugas haji kantor Kemenag Kotim. 

Salah satu peserta sosialisasi, Arif Rahman Taufik, warga LDII Kotim mengatakan, sejumlah 9 orang warga LDII Kotawaringin Timur masuk dalam pemberangkatan musim haji tahun 2024. “Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan jalan terbaik dalam mempersiapkan keberangkatan haji. Termasuk kesehatan dan kecukupan rezeki,” pungkasnya. (PS)

Post a Comment

Previous Post Next Post