Gempa Magnitude 4,5 Guncang Sampit, Cek Disini Titik Pusat Gempa

 

Pada Senin, 30 Oktober 2023, wilayah Sampit diguncang oleh gempa dengan kekuatan magnitude (M) 4,5. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di darat, tepatnya 25 km timur laut Sampit.

Gempa terjadi pada pukul 18:21:44 WIB. Titik koordinat gempa berada pada 2.31 Lintang Selatan (LS) dan 113.02 Bujur Timur (BT), dengan kedalaman mencapai 13.0 kilometer. Meski cukup kuat, gempa ini tidak berpotensi tsunami.


gempa sampit kotim

Dengan menggunakan google maps, dapat dilihat titik koordinat tersebut berada di Sungai Paring, Kec. Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Berjarak kurang lebih 1.5 km dari Kantor Kecamatan Cempaga.


GEMPA BUMI TERKINI
Tanggal 30 Okt 2023 Pukul 01:21:44 WIB Terjadi Gempa Dengan Kekuatan 4.5M Pada Kedalaman 13 km
Koordinat:2.31 LS - 113.02 BT
Wilayah:Pusat gempa berada di darat 25 km TimurLaut Sampit
Sumber Dari : BMKG

Dampak Gempa

Gempa ini dirasakan oleh masyarakat di wilayah Baamang dan Mentawa dengan skala III MMI. Skala III MMI berarti gempa dirasakan oleh beberapa orang, tetapi tidak menyebabkan kerusakan atau kecelakaan. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar.

Beredar di media sosial video realtime kejadian gempa hasil rekaman dvr cctv di beberapa tempat.   



Aktivitas Gempa di Indonesia

BMKG mencatat bahwa dalam sepekan terakhir di wilayah Indonesia terjadi aktivitas gempa signifikan dan dirasakan masyarakat sebanyak 13 kali dalam berbagai variasi magnitudo dan kedalaman. Ini menunjukkan bahwa Indonesia sebagai negara yang berada di jalur cincin api (ring of fire) memang memiliki aktivitas seismik yang cukup tinggi.

Meski demikian, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak panik. Selalu memperhatikan informasi resmi dari BMKG dan mengikuti arahan dari pihak berwenang terkait tindakan yang harus dilakukan saat terjadi gempa.

Post a Comment

Previous Post Next Post