Saat Engkau Dalam Kesendirian, Maka Gunakanlah untuk Bermawas Diri

Saat Engkau Dalam Kesendirian, Maka Gunakanlah Untuk Bermawas Diri


Kesendirian adalah sebuah keadaan yang sering dihindari oleh banyak orang. Mereka merasa bosan, sepi, atau takut jika tidak ada orang lain di sekitar mereka. Padahal, kesendirian bisa menjadi sebuah kesempatan yang berharga untuk bermawas diri, yaitu meneliti dan mengevaluasi diri sendiri.

Mengapa kita perlu bermawas diri? Karena kita adalah makhluk yang lemah, salah, dan lupa. Kita sering terjebak dalam rutinitas dunia yang membuat kita lalai dari tujuan hidup kita. Kita sering tergoda oleh godaan syaitan yang membuat kita berbuat dosa dan maksiat. Kita sering mengabaikan hak-hak Allah dan hak-hak sesama manusia yang membuat kita berhutang dan berdosa.

Oleh karena itu, kita perlu bermawas diri untuk menyadari kekurangan dan kesalahan kita, untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri kita, dan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, sang Pencipta dan Pemilik kita.

Ingatlah bahwa diri ini adalah milik Allah SWT, dan kelak suatu saat akan kembali pada Allah SWT. Apakah kita sudah siap untuk bertemu dengan-Nya? Apakah kita sudah menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya? Apakah kita sudah bersyukur atas nikmat-Nya dan sabar atas ujian-Nya? Apakah kita sudah memohon ampun atas dosa-dosa kita dan memaafkan kesalahan orang lain?

Waktu yang sangat tepat untuk bermawas diri adalah pada malam hari, di sepertiga malam yang akhir. Bangun malam lalu shalat tahajjud, berzikir dan berdoa kepada Allah. Biarkan air matamu mengalir karena sebab zikirmu kepada Allah. Curahkanlah segala hal apapun yang ada dalam benakmu. Allah Maha Mendengar, Allah sekali-sekali tidak akan menyia-nyiakan hamba-Nya yang berusaha keras dekat dengan-Nya.

Shalat tahajjud adalah shalat sunnah yang dilakukan di waktu malam setelah tidur. Shalat tahajjud memiliki banyak keutamaan dan manfaat, di antaranya adalah mendapatkan kecintaan Allah, mendapatkan ampunan Allah, mendapatkan pahala besar, mendapatkan doa yang mustajab, mendapatkan ketenangan jiwa, dan mendapatkan kesehatan tubuh.

Berzikir adalah mengucapkan kalimat-kalimat yang mengandung pujian, pengagungan, atau permohonan kepada Allah. Berzikir juga memiliki banyak keutamaan dan manfaat, di antaranya adalah mendapatkan ketenangan hati, mendapatkan perlindungan Allah, mendapatkan keberkahan hidup, mendapatkan penghapusan dosa, mendapatkan pemberatan timbangan amal, dan mendapatkan syafaat di akhirat.

Berdoa adalah menyampaikan permintaan atau harapan kepada Allah dengan penuh keyakinan dan kerendahan hati. Berdoa juga memiliki banyak keutamaan dan manfaat, di antaranya adalah mendapatkan pertolongan Allah, mendapatkan ridha Allah, mendapatkan perlindungan dari bala bencana, mendapatkan pengabulan hajat, mendapatkan pengganti yang lebih baik dari apa yang hilang, dan mendapatkan kebahagiaan dunia akhirat.

Saudaraku, jangan sia-siakan kesempatanmu untuk bermawas diri saat engkau dalam kesendirian. Gunakanlah waktu itu untuk memperbaiki hubunganmu dengan Allah SWT. Ingatlah bahwa hanya kepada-Nya lah tempatmu berserah diri, berharap, dan bertawakkal. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah, rahmat, dan maghfirah kepada kita semua.

Post a Comment

Previous Post Next Post