Bangun Pagi, Bersyukurlah Engkau Masih Diberikan Hidup

Bangun Pagi, Bersyukurlah Engkau Masih Diberikan Hidup


Bangun pagi adalah salah satu sunnah Rasulullah SAW yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Islam menganjurkan umatnya untuk bangun pagi secara rutin dan memanfaatkan waktu pagi dengan baik. Apa saja keutamaan dan manfaat bangun pagi dalam Islam?

Pertama, bangun pagi adalah salah satu cara untuk membuka pintu rezeki. Rasulullah SAW bersabda: "Wahai anakku, bangunlah, saksikan rezeki Tuhan-mu dan janganlah kamu termasuk orang yang lalai, karena Allah memberi rezeki kepada hamba-Nya antara terbit fajar dengan terbit matahari." (HR. Imam Ahmad dan Al-Baihaqi)

Kedua, bangun pagi adalah salah satu syarat untuk terpenuhi segala kebutuhan. Rasulullah SAW bersabda: "Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan." (HR. Imam Ath-Thabrani dan Al-Bazzar)

Ketiga, bangun pagi adalah salah satu cara untuk mendapatkan doa malaikat. Rasulullah SAW bersabda: "Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh)." (HR. Bukhari dan Muslim) Dan juga: "Tiap menjelang pagi hari dua malaikat turun. Yang satu berdoa: 'Ya Allah, karuniakanlah bagi orang yang menginfakkan hartanya tambahan peninggalan.' Malaikat yang satu lagi berdoa: 'Ya Allah, timpakan kerusakan (kemusnahan) bagi harta yang ditahannya (dibakhilkannya).'" (HR. Bukhari dan Muslim)

Keempat, bangun pagi adalah salah satu cara untuk mendapatkan ampunan Allah. Rasulullah SAW bersabda: "Siapa saja yang memasuki pagi hari, ia tidak berniat mendzolimi seseorang, maka diampuni baginya terhadap segala dosa. Dan siapa saja yang memasuki pagi hari berniat menolong orang yang teraniaya dan memenuhi keperluan orang Islam, maka baginya pahala seperti pahala Haji mabrur." (Hadits dikutip dalam kitab Nashoihul 'Ibad, karya Syaikh Nawawi)

Kelima, bangun pagi adalah salah satu cara untuk jauh dari sifat malas. Rasulullah SAW bersabda: "Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) salah seorang dari kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, 'Malam masih panjang, tidurlah!' Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas." (HR. Bukhari dan Muslim)

Keenam, bangun pagi adalah salah satu cara untuk mendapat berkah dari Allah. Rasulullah SAW mendoakan umatnya dengan sabda: "Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya." (HR. Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Ketujuh, bangun pagi adalah salah satu cara untuk dimudahkan masuk surga. Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang shalat subuh berjamaah maka dia dalam jaminan Allah." (HR. Muslim)

Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa bangun pagi adalah sebuah anugerah yang sangat besar dari Allah SWT kepada hamba-Nya yang mau memanfaatkannya dengan baik. Bangun pagi bukan hanya sekedar membuka mata dari tidur, tetapi juga membuka hati dari kelalaian.

Post a Comment

Previous Post Next Post