Jambore Generus LDII Kolono

Jambore Generus LDII Kolono


KOLONO - Lembaga Dakwah Islam Indonesia yang biasa dikenal dengan singkatan LDII sangat getol dalam mempersiapkan generasi penerusnya. Salah satunya dalam kegiatan Jambore usia 10 sampai dengan 14 tahun, dengan tema kegiatan Mewujudkan Generasi Alim/Faqih, Berakhlakul Karimah dan Mandiri di Kecamatan Kolono, 23-25 Juni 2023.

Perlu diketahui bersama bahwa kegiatan Jambore usia dini ini sudah memasuki yang ke 3 kalinya, namun sebelumnya dilaksanakan di Kota Kendari sebagai tuan rumah. Untuk Kegiatan jambore usia dini ke 3 kali ini dilaksanakan di Kabupaten Konawe Selatan tepatnya di Kecamatan Kolono. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari, sejak tanggal  23 sampai dengan 25 Juni 2023. 

Adapun pesertanya diikut oleh seluruh anak usia dini 10 sampai dengan 12 tahun di 8 kecamatan yang berbeda. Adapun 8 kecamatan tersebut adalah LDII Kec. Kolono Kab. Konsel, LDII Kec. Kasipute Kab. Bombana, LDII Kec. Lambusa Kab. Konawe Selatan, LDII Kec. Kambu Kota Kendari, LDII Kec. Baruga, LDII Kec. Kadia, dan LDII Kec. Kendari Barat. 

Untuk jumlah keseluruhan peserta lomba berjumlah 150 anak usia dini. Adapun lomba yang digelar dalam kegiatan tersebut diantaranya  lomba sepak bola usia 10 dan 12 tahun, pencak silat dan cerdas cermat. Ketua panitia kegiatan Iskandar Dinata mengatakan dalam kegiatan ini kami bentuk suasana perkemahan, dengan mendirikan 10 tenda kemah untuk peserta dan 1 tenda utama yang digunakan untuk lomba. 

"Jadi di samping lomba tujuan kami juga melatih anak-anak untuk mandiri menyiapkan dan mengurus sendiri kebutuhannya dan di setiap tenda yang telah disiapkan seolah-olah sebagai tempat tinggal mereka" Imbuhnya. 

Turut hadir dalam acara Sekretaris Kecamatan Kolono Mandar serta Kapolsek Kecamatan Kolono Ipda Harianto. Kedatangan mereka disambut langsung oleh para Dewan Penasehat dan Ketua Pimpinan Cabang LDII Kec. Kolono Muh. Yusuf Changi beserta seluruh pengurus. dan disambut sejumlah anak usia dini dengan meperagakan kembangan seni beladiri dari Persinas Asad sebagai tanda penjemputan tamu pejabat yang hadir dalam kegiatan tersebut. 

Kegiatan ini dibuka oleh Camat Kolono dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Camat Kolono, Mandar. Dalam sambutannya ia menjelaskan bahwa kegiatan Jambore usia dini yang digelar oleh LDII Kecamatan Kolono, ini merupakan suatu langka positif dalam rangka pembinaan generasi penerus. "Ini perlu kita contoh dan mengapresiasi karena melalui kegiatan ini anak-anak kita dapat terlatih menjadi profesional dan berkarakter mulia sehinga terhindar dari pergaulan-pergaulan yang berdampak negatif" Jelasnya. 

Sambutan yang sama dengan Kapolsek Kolono Ipda Harianto mengatakan, tugas dan tanggungjawab sebagai aparat keamanan dalam hal ini kepolisian adalah menjaga dan mengarahkan agar anak kita dapat terhindar dari pergaulan bebas. Terutama akan bahaya narkoba yang mana sekarang ini sudah memperihatinkan akibat dari penyala gunaan narkoba. Indonesia sudah masuk dalam kategori parah dalam hal narkoba. 

"Saya sangat bangga dan senang melihat kegiatan seperti ini yang dilaksanakan oleh LDII Kec. Kolono, dan ini sangat membantu dalam mencegah anak kita tidak mengenal dan terhindar dari dampak negatif narkoba, semoga kegiatan ini tidak sampai disini saja tapi berlanjut terus" Tuturnya. (HmZ)

Post a Comment

Previous Post Next Post