Tim LDII Kalteng Lakukan Pengamatan Hilal

Tim LDII Kalteng Lakukan Pengamatan Hilal


PALANGKARAYA, (20/5/23). Tim Rukyatul Hilal LDII Kalimantan Tengah melakukan pengamatan hilal di lantai atas masjid Nurul Huda, Kereng Bengkirai, Sabaru pada Sabtu (20/5/2023).

Pengamatan dipimpin oleh Biro Pendidikan Keagamaan dan Dakwah Dewan Pimpinan Wilayah LDII Kalteng Bambang Choiri dan diikuti beberapa personil lainnya.

"Pada hari ini (Sabtu) pengamatan bulan baru bisa di mulai pukul 17.21 sampai pukul 17.54 WIB. Azimut bulan berada pada 295° 10.49'.   Dan berdasarkan data hisab ketinggian bulan pada 6° 30.82' Elongasi 8° 54.13' ," ucap Aris Wijaya, ST selaku koordinator pengamat hilal LDII Kalteng.

Berdasarkan data tersebut, seharusnya bulan dapat terlihat dengan menggunakan alat bantu optic atau teropong. Pengamatan ini sebagai uji coba perangkat dan menerampilkan tim pengamat hilal. 

"Namun hasil pengamatan di lapangan,  cuaca berawan dan hujan sehingga bulan tidak dapat terlihat hingga akhir dari waktu yang telah ditentukan," pungkasnya.

Sementara Ketua DPW LDII Kalteng Nur Prayudi SE mendukung kegiatan tersebut. "Mengamati hilal, tidak hanya sekedar memiliki teori dan alat teropong saja. Namun diperlukan ketrampilan dan kejelian dalam menggunakan alat tersebut," ucapnya.

Ia menuturkan, pada jelang Idul Fitri 1444 H LDII Kalimantan Tengah berpartisipasi dalam pengamatan hilal yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (20/4/2023). Bertempat di Menara Masjid Raya Darussalam Palangka Raya. Instansi dan Ormas yang turut serta dalam kegiatan pemantauan tersebut yakni Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalteng, Pengurus Wilayah Nahlatul Ulama (PWNU) Kalteng, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalteng, Kepala Kemenag Provinsi Kalteng, LDII, dan pihak terkait lainnya. (PS)

Post a Comment

Previous Post Next Post