5 Besar Search Engine di Jagad Maya

search engine


Search engine adalah alat yang sangat berguna untuk menemukan informasi di internet. Di era digital saat ini, mesin pencari menjadi alat yang paling banyak digunakan di internet. Google merupakan search engine yang paling banyak dipakai para pengguna internet di dunia. Dilansir dari data statcounter, sepanjang tahun 2022 mesin pencari Google adalah yang paling sering digunakan oleh pengguna internet di Indonesia. Di Indonesia sendiri sebanyak 97,33 persen pengguna internet menggunakan Google. Ini membuat Google menjadi search engine paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia.

Dalam penggunaannya, search engine bekerja dalam 3 tahapan utama: crawling, indexing dan ranking. Tahap pertama adalah crawling, yaitu proses pengumpulan data dari website yang ada di internet. Tahap kedua adalah indexing, yaitu proses penyimpanan data yang telah dikumpulkan pada tahap pertama. Tahap ketiga adalah ranking, yaitu proses penyusunan data berdasarkan relevansi dan kualitasnya.


Search engine bekerja dalam 3 tahapan utama: crawling, indexing dan ranking. Tahap pertama adalah crawling, yaitu proses pengumpulan data dari website yang ada di internet. Tahap kedua adalah indexing, yaitu proses penyimpanan data yang telah dikumpulkan pada tahap pertama. Tahap ketiga adalah ranking, yaitu proses penyusunan data berdasarkan relevansi dan kualitasnya.

Dalam tahap crawling, search engine akan mengirimkan bot atau spider untuk mengunjungi website yang ada di internet. Bot atau spider ini akan mengumpulkan informasi dari website tersebut dan menyimpannya pada database search engine. Informasi yang dikumpulkan meliputi judul halaman, deskripsi halaman, kata kunci yang digunakan pada halaman tersebut dan link ke halaman lain yang terdapat pada website tersebut.

Setelah proses crawling selesai dilakukan, maka seluruh informasi yang telah dikumpulkan akan disimpan pada database search engine. Proses penyimpanan informasi ini disebut dengan indexing. Pada tahap indexing ini, search engine akan memproses informasi yang telah dikumpulkan pada tahap crawling dan menyimpannya pada database search engine.

Setelah proses indexing selesai dilakukan, maka seluruh informasi yang telah disimpan pada database search engine akan diurutkan berdasarkan relevansi dan kualitasnya. Proses pengurutan ini disebut dengan ranking. Pada tahap ranking ini, search engine akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan urutan relevansi dan kualitasnya.


Berdasarkan cara kerjanya, ada beberapa jenis search engine. Berikut adalah beberapa jenis search engine yang paling umum digunakan:


  1. Crawler-Based Search Engine Search engine jenis ini menggunakan robot atau crawler untuk mengumpulkan informasi dari jagat internet. Google dan Yahoo! memiliki robot yang bekerja terus tanpa mengenal lelah untuk mengumpulkan data-data dari seluruh penjuru dunia.

  2. Human-Powered Web Directories Search engine jenis ini menggunakan manusia sebagai pengumpul informasi. Manusia akan memasukkan informasi ke dalam database search engine.

  3. Hybrid-Search Engine Search engine jenis ini merupakan gabungan dari crawler-based search engine dan human-powered web directories.

  4. Meta Search Engines Search engine jenis ini menggabungkan hasil pencarian dari beberapa search engine sekaligus.


Berikut 5 besar search engine versi similiarweb :
RankWebsiteCategoryRank ChangeAvg. Visit DurationPages / VisitBounce Rate
1google.comComputers Electronics and Technology > Search Engines=00:10:398.6228.51%
2baidu.comComputers Electronics and Technology > Search Engines=00:05:118.1621.56%
3yandex.ruComputers Electronics and Technology > Search Engines=00:09:249.2324.23%
4bing.comComputers Electronics and Technology > Search Engines=00:06:556.0832.44%
5duckduckgo.comComputers Electronics and Technology > Search Engines=00:08:476.9811.62%

Post a Comment

Previous Post Next Post