Tips Bikin Email bagi Pemula

Tips Bikin Email bagi Pemula


Di era modern seperti saat ini, komunikasi berkirim surat melalui ala konvesional sudah hampir musnah. Beralih ke surat elektronik atau email. Tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat email untuk dirinya.

Untuk membuat email, ada banyak platform email yang tersedia seperti Gmail, Outlook, Yahoo Mail, dan sebagainya. Pilihlah salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Sebagai panduan, berikut adalah langkah-langkah lengkap membuat email di Gmail:

1.    Buka halaman gmail.com di browser Anda.

2.    Klik tombol "Buat akun" yang terletak di sudut kanan atas halaman.

3.    Isi formulir pendaftaran dengan informasi pribadi Anda seperti nama depan, nama belakang, alamat email yang diinginkan, dan kata sandi. Pastikan kata sandi yang Anda pilih aman dan tidak mudah ditebak.

4.    Setelah mengisi formulir pendaftaran, klik tombol "Berikutnya".

5.    Pada halaman berikutnya, masukkan nomor telepon Anda dan verifikasi nomor telepon tersebut melalui SMS atau panggilan suara.

6.    Setelah nomor telepon berhasil diverifikasi, masukkan tanggal lahir Anda dan jenis kelamin. Klik tombol "Berikutnya".

7.    Di halaman selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi informasi pemulihan akun seperti alamat email alternatif dan nomor telepon cadangan. Jika Anda tidak ingin mengisi informasi ini, Anda bisa klik tombol "Lewati" di bagian bawah halaman.

 8.   Baca dan setujui ketentuan layanan Google dengan mencentang kotak "Saya menyetujui persyaratan dan kebijakan privasi Google". Klik tombol "Buat Akun" untuk menyelesaikan pendaftaran.

 9.   Setelah berhasil membuat akun Gmail, Anda akan langsung diarahkan ke halaman inbox. Di sini, Anda bisa mulai mengirim dan menerima email.


Sekarang, Anda telah berhasil membuat email di Gmail. Jangan lupa untuk menjaga keamanan akun Anda dengan mengganti kata sandi secara berkala dan tidak membagikan informasi pribadi Anda kepada orang yang tidak dikenal.

Post a Comment

Previous Post Next Post