Berikan Bekal Generasi Muda, 7 DPD LDII Kolaborasi Helat Pengajian Khusus Usia Nikah

Berikan Bekal Generasi Muda, 7 DPD LDII Kolaborasi Helat Pengajian Khusus Usia Nikah


Lampung Tengah (6/3). Biro Pemberdayaan  Perempuan dan Kesejahteraan Keluarga (PPKK) DPD LDII Kabupaten Lampung Tengah mengadakan acara pengajian usia nikah (Unik). Acara yang dihelat pada Sabtu-Minggu 4-5 Maret 2023 tersebut, mengangkat tema “Merajut Cinta Menuju Keluarga Sakinah, Mawaddah dan Warahmah”, dengan sub tema “Bertemu, Memandang, Melamar dan Menikah”.

Acara tersebut melibatkan tujuh DPD LDII yakni, Lampung Tengah, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Utara, Way Kanan, dan Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan. Acara tersebut dilaksanakan di Ponpes Rowdhotul Alimir Robbaniy, Yukum Jaya, Lampung.

Ketua DPD LDII Lampung Tengah Suroto mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu kegiatan bagi generasi muda LDII yang sudah memasuki usia menikah, agar mereka menemukan cinta sejatinya. Kegiatan ini sebagai edukasi kepada generasi muda untuk menyiapkan kehidupan berumah tangga dengan taaruf.

“Karena perbandingan laki-laki dan perempuan saat ini satu banding empat dari jumlah keseluruhan 300 peserta, yang laki-laki hanya 60 peserta sisanya perempuan. Kegiatan ini untuk melancarkan pernikahan menuju keluarga sakinah, mawadah dan warahmah,” ujarnya.

Ia menambahkan, generasi usia mandiri dari tujuh DPD itu dipertemukan untuk mengenal lebih dalam dan berlanjut menuju kejenjang berikutnya. “Alhamdulilah, kami bisa mengumpulkan generasi muda yang sudah siap menikah. Menurut laporan, sudah ada 35 pasang yang siap merajut ke jenjang pernikahan,” tambahnya.

Suroto menegaskan, kegiatan ini merupak agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Dari tujuh DPD LDII itu akan bergiliran menjadi tuan rumah kegiatan tersebut. “Acara ini nanti berkesinambungan setiap tahun, karena ini sebagai bentuk kontribusi kami sebagai warga LDII untuk melancarkan pernikahan untuk mewujudkan keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Purnomo Abadi mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 300 peserta yang terdiri dari 60 peserta laki-laki dan 240 perempuan dengan rentan usia 22-28 tahun. “Alhamdulilah dengan kegiatan ini, banyak peserta yang mendapatkan jodoh meski tadinya tidak kenal,” ujarnya.

“Antusiasme peserta sangat bagus. Ternyata tahun ke tahun kami adakan setiap enam bulan sekali peserta semakin banyak. Yang tadinya pesertanya didominasi generasi di bawah 20 tahun sekarang sudah dewasa dan siap untuk menikah,” tambahnya.

Kegiatan itu dihadiri Sekretaris DPW LDII Lampung Heri Sensustadi. Dalam sambutannya, ia mengapresiasi kegiatan yang melibatkan tujuh DPD LDII itu. “Kami sangat bahagia dan mendukung penuh acara ini. Karena ini termasuk salah satu program pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan keluarga yaitu persiapan membentuk kualitas keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah. Tentunya didasari dengan cinta,” ungkapnya.

Heri menambahkan, kegiatan ini merupakan upaya LDII untuk membentuk keluarga harmonis, “Tentunya harus mempunyai ilmu-faqih, berakhlakul karimah dan mandiri. Mudah-mudahan acara ini bisa mendorong generasi muda untuk memilih pasangan hidupnya. Jangan sampai mereka merasa dipaksa,” paparnya.

“Kalau terbentuk keluarga yang baik otomatis akan melahirkan sumberdaya manusia yang baik sehingga nantinya menciptakan generasi yang baik di masyarakat,” tutupnya. (*FS/LINES)

Post a Comment

Previous Post Next Post