Ribuan Warga LDII Balikpapan Hadiri Pengajian Angkat Tema Teladani Akhlak Rasulullah

Ribuan Warga LDII Balikpapan Hadiri Pengajian Angkat Tema Teladani Akhlak Rasulullah

BALIKPAPAN Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Balikpapan menggelar pengajian yang diikuti ribuan warga. Di bawah rintik hujan yang berlangsung sejak pagi, warga antusias mendatangi Masjid Luhur Bairuha, di Kompleks Pondok Pesantren Bairuha Balikpapan, Minggu (12/2/2023).

Ketua DPD LDII Kota Balikpapan H. Herry Fathamsyah mengatakan bahwa pengajian diikuti seluruh warga LDII Kota Balikpapan dan sebagian kecil datang dari Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Pengajian dengan jumlah warga yang besar ini diselenggarakan setiap 3-4 bulan sekali.

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-126 Kota Balikpapan, pengajian itu mengangkat tema “LDII Mendukung Balikpapan Kolaborasi dan Sinergi dalam Rangka Menjadi Penyangga Ibu Kota Nusantara”. “Alhamdulillah, pengajian berjalan tertib, aman, selamat, lancar dan barokah. Meski hujan, warga datang sejak pukul 08.00 sampai selesai menjelang salat Dhuhur,” tutur H. Herry.


Ribuan Warga LDII Balikpapan Hadiri Pengajian Angkat Tema Teladani Akhlak Rasulullah


Ia pun sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama menyukseskan jalannya pengajian. Menurut informasi panitia, terdapat 449 kendaraan roda dua dan 139 kendaraan roda empat yang parkir rapi di lapangan.

Memasuki sesi pengajian Al Quran, Yuhdi Habibulloh mengulas pentingnya meneladani akhlak Rasulullah, berdasarkan firman Allah surat Ali Imran 159. Anggota Dewan Guru Ponpes Bairuha itu mengajak seluruh warga LDII, dalam hidup bermasyarakat agar selalu mengutamakan akhlak mulia atau budi pekerti yang luhur.

Menurutnya, berdasarkan ayat tersebut, seorang pemimpin harus memiliki akhlak mulia atau akhlakul karimah, “Akhlakul karimah bukanlah sekadar tuntutan kebaikan terhadap sesama manusia dalam bermasyarakat. Namun juga menaikkan derajat surga seorang hamba di sisi Allah, bahkan lebih dekat berdampingan dengan Rasulullah SAW,” tutur Yuhdi.

Ia pun mengutip Hadits Riwayat Tirmidzi, “Sesungguhnya di antara orang-orang yang paling aku cintai dan paling dekat tempat duduknya pada hari kiamat denganku, yaitu orang yang paling baik akhlaknya.”

Menurutnya, dengan memahami bahwa akhlak mulia ini adalah ibadah yang bernilai tinggi di sisi Allah, “Maka seseorang tidak akan pernah berhenti berbuat kebaikan kepada siapapun, bahkan walau kebaikan yang dia lakukan dibalas oleh orang dengan kejelekan,” tuturnya.

Pada kesempatan itu Wakil Ketua DPD LDII Kota Balikpapan Beni Laode, mendorong seluruh warga LDII mengedepankan ukhuwah Islamiyah, ukhuwah watoniyah, dan ukhuwah basyariah, “Kondisi tersebut, hanya bisa diwujudkan apabila seluruh warga LDII, dalam kehidupan bermasyarakat mengendepankan akhlak mulia. Sebaliknya, bila akhlaknya buruk, bisa merugikan diri sendiri, warga bahkan organisasi,” tuturnya.

Di akhir pengajian, Dewan Penasehat LDII Kota Balikpapan mengatakan, materi dalam pengajian tersebut, merupakan bagian dari memuliakan kalimat Allah yang Maha Mulia. (SA/LINES)


Post a Comment

Previous Post Next Post