Mekkah Kota Kelahiran Nabi Muhammad SAW, Kemuliaan Sejarah Sepanjang Masa

mekkah


Kota suci Makkah tidak perlu diperkenalkan. Ini adalah kota paling suci bagi umat Islam dan orang beriman dari seluruh dunia secara teratur mengunjungi kota untuk melakukan ziarah dan mengunjungi tempat-tempat suci. 

Tengara paling menonjol di bumi - Ka'bah Suci terletak di Makkah. Ini berfungsi sebagai pusat keagamaan bagi umat Islam dan mereka berdoa lima kali sehari dengan menghadap ke arah Ka'bah. Tidak ada kekurangan tempat suci untuk dikunjungi di kota Makkah. 

Beberapa situs yang paling banyak dikunjungi termasuk Museum Makkah, Masjid Al Jinn, Masjid Al Haram, Pemakaman Jannat al-Mu'alla, Gunung Arafat, Kota Tenda Mina, Jembatan Jamarat, dan Jabal Al Nour. Makkah juga merupakan rumah bagi beberapa arsitektur luar biasa seperti Menara Abraj Al Bait. Kompleks tujuh pencakar langit ini juga termasuk Makkah Royal Clock Tower. Ini adalah permukaan jam terbesar di dunia dan menara ini adalah struktur berdiri bebas tertinggi kelima di dunia.

Sejarah Makkah dapat ditelusuri kembali ke zaman Nabi Ibrahim. Nabi Ibrahim bersama putranya Nabi Ismail, membangun Ka'bah Suci sebagai rumah Allah. Bahkan di masa pra-Islam, dulunya merupakan situs ziarah utama dan lokasi yang sangat penting. Makkah juga tercatat sebagai pusat perdagangan penting di zaman kuno.

Tahun Gajah (570 M) adalah babak penting lainnya dalam sejarah kota. Menurut Al-Qur'an, Abrahah turun ke Mekkah dengan pasukan gajah tetapi Allah mengirim burung kecil membawa batu di paruhnya untuk mempertahankan Ka'bah Suci. Burung-burung kecil ini menghancurkan pasukan gajah dan menyebabkan kekalahan Abraha. Menurut tradisi Islam, Nabi Suci Muhammad (saw) lahir pada tahun yang sama.


Geografi

Makkah terletak di daerah yang relatif rendah. Dikelilingi oleh Pegunungan Sirat. Jabal Al Nour berada di timur laut kota. Puncak ini berisi gua Hira di mana ayat-ayat pertama Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad (Damai & Berkah Allah besertanya). Di selatan kota adalah Gunung Thawr dimana Nabi Muhammad (SAW) menyembunyikan dirinya di sebuah gua selama Hijrah (migrasi) ke Madinah.

Kondisi gurun yang keras terlihat jelas di Makkah. Suhu tetap tinggi sepanjang tahun. Lanskap gurun yang luas mengelilingi kota Makkah dan Anda benar-benar dapat menghargai luasnya gurun saat Anda bepergian keluar dari pusat kota.


Kehidupan Budaya

Menjadi kota suci, hanya umat Islam yang diperbolehkan berada di dalam kota Makkah. Muslim dari seluruh dunia sering mengunjungi kota ini untuk ziarah umrah dan haji yang wajib bagi setiap Muslim yang mampu sekali seumur hidup.

Kota Mekkah adalah perpaduan sempurna antara budaya dan tradisi berusia berabad-abad yang kaya bersama dengan arsitektur modern dan cara hidup yang semarak. Anda dapat menemukan souk tua serta gedung pencakar langit yang menggapai awan. Anda juga dapat mengunjungi museum seperti Museum Makkah dan Museum Menara Jam yang menempati empat lantai teratas Menara Abraj Al Bait.

Kota ini telah mengalami modernisasi dan ekspansi besar-besaran selama beberapa tahun terakhir. Namun, di tengah arsitektur modern dan gedung-gedung setinggi langit, Anda juga dapat menemukan beberapa bagian kota tua yang cocok dengan tempat-tempat bersejarah Makkah.


Atraksi Populer

Titik fokus kota adalah Al Masjid Al Haram. Sebagian besar tempat suci seperti Safa dan Marwa berada di dekat Masjidil Haram. Situs-situs seperti Gunung Arafat, Mina Tented City, Jembatan Jamarat, dan Jabal Al Nour dapat dicapai dengan perjalanan singkat dari kompleks Al Masjid Al Haram.

Setelah Anda mengunjungi tempat-tempat suci kota, Anda juga dapat menjelajah ke pusat perbelanjaan besar di kota. Menginap di Menara Abraj Al Bait yang sangat mewah juga merupakan pengalaman yang berharga. Bagi orang-orang yang tertarik untuk belajar lebih banyak tentang budaya dan sejarah, 'Pameran Dua Masjid Suci' menawarkan perjalanan pendidikan yang luar biasa melalui berbagai tahapan pembangunan Al Masjid Al Haram serta Masjid An Nabawi di Madinah.

Jika Anda sedang ingin berpetualang, kota terdekat Taif juga menawarkan tempat peristirahatan yang luar biasa dari panas gurun yang intens dan keramaian kota. Jalan menuju Taif sendiri merupakan pemandangan yang patut dilihat ketika Anda mengunjungi tempat-tempat di Mekkah selama kunjungan Anda ke Arab Saudi.



Post a Comment

Previous Post Next Post