HUT Kaltim 2023


SAMARINDA – Provinsi Kalimantan Timur genap berusia 66 tahun pada tanggal 9 Januari 2023. Usia yang sangat matang untuk sebuah daerah yang terkenal sebagai salah satu daerah penghasil Migas terbesar ke-5 di Indonesia setelah Riau, Papua Barat, Sumatera Selatan dan Jawa Timur.

Provinsi Kaltim saat ini memiliki 10 kabupaten dan kota yang tersebar sebagian di dataran rendah, sungai dan pesisir pantai. Pada tahun ini, di bawah kepemimpinan Gubernur H. Isran Noor dan Wakil Gubernur H. Hadi Mulyadi, Kaltim semakin menunjukkan peningkatan di berbagai bidang kehidupan.

Pengurus DPW LDII Provinsi Kalimantan Timur turut hadir, baik dalam sidang paripurna istimewa DPRD di Gedung DPRD Provinsi Kaltim Jalan Teuku Umar Nomor 1 Karang Paci Samarinda, Kamis (5/1), maupun pada puncak Upacara Peringatan HUT yang dilaksanakan di Stadion Kadrie Oening Sempaja Samarinda, Senin (9/1).

Pada kesempatan ini, hadir Sekretaris DPW LDII Provinsi Wildan Taufik, SPd, MSi. Dirinya menyaksikan prosesi penyerahan 62 Panji Keberhasilan Pembangunan kepada 10 Bupati dan Wali Kota di Kaltim.

“Penghargaan Panji tersebut sebagai bentuk apresiasi Pemprov kepada pemerintah Kabupaten/Kota dalam meningkatkan kinerja, prestasi serta pelaksanaan program-program pembangunan dan pemerintahan,” tutur Wildan kepada media ini.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, penyerahan panji keberhasilan disimbolkan dengan bendera berwarna biru dengan logo Pemprov Kaltim. “Panji ini diberikan kepada Walikota/Bupati dan perwakilan tiap daerah,” tuturnya.

Panji keberhasilan pembangunan diserahkan langsung oleh Gubernur Kaltim, H Isran Noor. Upacara peringatan yang awalnya akan digelar di Stadion Gelora Kadrie Oening terpaksa dipindah ke dalam Plenary Hall usai hujan turun di lokasi acara.


HUT Kaltim 2023


Wildan mengapresiasi pelaksanaan prosesi berjalan lancar, meski hanya sempat melakukan geladi resik sebanyak satu kali. Menurutnya, Gubernur Kaltim Isran Noor juga memberikan apresiasi atas lancarnya pelaksanaan agenda ini, meski harus mengalami pindah lokasi.

Dalam sambutannya. Isran Noor mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir di Upacara Peringatan HUT ke-66 Pemprov Kaltim.

Gubernur berharap ke depan sekitar seribu peserta upacara yaitu semoga Kaltim tetap maju dan berkembang dan jadi motor kegiatan pembangunan nasional.

Wildan Taufik yang hadir bersama beberapa perwakilan instansi pemerintah dan swasta serta Ormas lainnya turut bangga dengan kemajuan Kaltim.

“Pemerintah provinsi banyak memberikan perhatian dan kepedulian dengan berbagai ormas, tokoh masyarakat, tokoh agama dan kepemudaan,” tutur Wildan.

Perhatian tersebut, menurutnya, terlihat dari bantuan rumah ibadah, gedung pendidikan, rumah tinggal layak huni, sekolah, jalan, kebutuhan air listrik, rumah murah dan sebagainya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat luas.

“Semoga Kaltim semakin maju dan tetap kondusif hingga saat ini dan akan datang,” pungkas Wildan. (SA/LINES)