cara cek haji keberangkatan kapan


Kabar gembira bagi umat muslim di Indonesia. Tahun ini, pemerintah Arab Saudi telah mengembalikan kuota haji setelah 2 tahun tertunda akibat pandemi covid-19.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Agama, kuota haji Indonesia 2023 terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus. Sementara untuk petugas mendapat kuota sebanyak 4.200 jemaah. Arab Saudi tidak lagi menerapkan aturan pembatasan usia jemaah haji untuk usia di bawah 65 tahun seperti yang berlaku pada masa pandemi Covid-19. Artinya, jemaah berusia 65 tahun ke atas alias kalangan lanjut usia (lansia) dapat berangkat haji pada tahun ini.

Bagi jamaah haji yang tertunda keberangkatan sejak tahun 2020, ada baiknya mencoba cek kembali jadwal keberangkatan haji tahun ini.

Cara Cek Nomor Porsi Haji via Situs Kemenag

  • Buka https://haji.kemenag.go.id/v4/
  • Gulir halaman beranda ke bawah sampai menemukan 'Perkiraan Berangkat'
  • Masukkan nomor porsi di kolom pencarian
  • Klik 'Cari'

Kemenag akan memberi informasi estimasi keberangkatan dengan data berisi nomor porsi, nama, kabupaten/kota, provinsi, posisi porsi pada kuota provinsi/kabupaten/kota khusus, kuota provinsi/kabupaten/kota khusus, perkiraan keberangkatan tahun masehi dan tahun hijriah.


Melalui aplikasi PUSAKA : 

1. Buka aplikasi Pusaka

2. Pilih menu "Islam"

3. Lihat menu "Layanan Haji & Umrah" lalu pilih menu "Estimasi Keberangkatan"

4. Masukan Nomor Porsi pada kolom yang tersedia, lalu tekan "Cari Nomor Porsi". 

Cara Cek Haji Keberangkatan Kapan