Sampit – Keberadaan Terowongan Nur Mentaya Sampit terus menjadi perbincangan khalayak, khususnya warga Kabupaten Kotawaringin Timur. Berbagai kalangan usia dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua berbaur menikmati keindahan cahaya terowongan di malam hari. Sejak diresmikan pada 10 Desember 2022 tak pernah sepi dari pengunjung.

"Sebagai warga kota Sampit, saya merasa bangga dengan adanya ikon baru Terowongan Nur Mentaya ini. Suasana gemerlap cahaya, saat berada disitu, seperti seakan berada di tempat yang berbeda," ucap Wati yang terlihat ceria bersama keluarga di pinggiran trotoar jalan Cilik Riwut Sampit.

Kawasan yang diberi nama Terowongan Nur Mentaya meliputi Jalan Cilik Riwut dari Bundaran Adipura atau bundaran Jalan Samekto hingga pintu gerbang Sampit di depan Stadion 29 November Sampit.  

Sebanyak 172 lampu dipasang di sepanjang sisi kiri dan kanan jalan. Lampu hias yang di bagian atas terdapat ornamen berbentuk ikan jelawat itu dibuat melengkung ke tengah jalan sehingga ketika lampunya dinyalakan maka dari kejauhan terlihat indah seperti sebuah terowongan cahaya. 

Bupati Kotim Halikinnor berharap, selain menjadi ikon baru kebanggaan masyarakat Sampit, terowongan Nur Mentaya juga bisa menjadi lokasi baru untuk berwisata dan bersantai. Dampaknya, terjadi perputaran ekonomi yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan adanya terowongan Nur Mentaya ini kami berharap kawasan ini akan menjadi hidup. Banyaknya orang yang singgah, menjadi peluang ekonomi bagi masyarakat untuk membuka usaha di sini,” kata Halikinnor. 

Halikinnor juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama merawat terowongan Nur Mentaya. Sangat disayangkan jika sampai ada yang merusak, apalagi mencuri aset di kawasan terowongan Nur Mentaya.

Terowongan Nur Mentaya Sampit
net.


Keindahan Terowongan Nur Mentaya Sampit Harus Dijaga Keindahannya

Agar tetap terjaga baik, dibutuhkan kepedulian masyarakat dan pengunjung saat berada di lokasi. Hal penting sepatutnya diperhatikan kebersihan area lingkungan. Selain nampak sedap di pandangan, lingkungan yang bersih juga dapat menimbulkan rasa damai. 

Beberapa tips untuk menjaga keindahan Terowongan Nur Mentaya Sampit adalah :

1. Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Di tempat-tempat umum, termasuk di tempat wisata biasanya sudah disediakan tempat sampah. Jika belum menemukan tempat sampah, maka sebaiknya simpan dulu sampahnya sampai menemukan tempat sampah.

2. Bawa Botol Air Sendiri

Usahakan pengunjung menggunakan botol minuman yang dapat dipakai berkali-kali. Bawa botol minuman sendiri. Cara menjaga kebersihan lingkungan yang satu ini dapat membantu mengurangi jumlah sampah botol plastik sekali pakai. Beralih menggunakan tumbler adalah salah satu upaya bijak.

3. Tidak Mencoret-coret 

Kebiasaan buruk pengunjung saat berada dilokasi wisata adalah menorehkan coretan di tempat tersebut. Selain tidak pada tempatnya, aksi coret-coret tersebut juga sangat merusak pemandangan.

4. Merusak Fasilitas

Terowongan Nur Mentaya terdapat banyak tiang lampu yang diberikan ornamen agar indah. Bagian-bagian tersebut merupakan kelengkapan utuh. Tangan usil yang merusaknya akan mengurangi fungsi keseluruhan tiang lampu tersebut.

Mari jaga bersama untuk kelestarian Terowongan Nur Mentaya Sampit.

Berikut bidikan gambar terowongan yang dapat ditemukan di internet.


Terowongan Nur Mentaya Sampit

Terowongan Nur Mentaya Sampit

Terowongan Nur Mentaya Sampit

Terowongan Nur Mentaya Sampit

Terowongan Nur Mentaya Sampit