6 Wisata di IKN yang Sayang Terlewatkan


Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin secara resmi akan memindahkan ibu kota Jakarta ke IKN Nusantara. Kawasan ini digadang-gadang sebagai smart city. Sejumlah proyek IKN sudah dipetakan untuk masing-masing sektor, tak ketinggalan sektor pariwisata. Tempat wisata sekitar IKN Nusantara diperkirakan akan menunjang sektor pariwisata.

Penempatan IKN Nusantara terletak di Kabupaten Penajam Paser, Kalimantan Timur dan diproyeksikan proyek IKN akan selesai di tahun 2045. Bentang alam kebudayaan masyarakat KalimantaN Timur yang masih kental menjadi daya tarik tersendiri bagi IKN. 

Meski pembangunan masih terus berjalan, destinasi wisata di sekitar IKN Nusantara dapat Anda dikunjungi. 

6 Tempat Wisata Sekitar IKN Nusantara

1. Pantai Tanah Merah

Tempat wisata sekitar IKN Nusantara yang pertama adalah Pantai Tanah Merah. Kawasan ini terletak di Tanjung Harapan, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Pantai Tanah Merah menawarkan pasir putih dengan pohon cemara yang tumbuh di sepanjang pesisir.

Tanah pantai terbilang landai dengan panjang menuju bibir pantai sekitar 800 meter. Bagi Anda yang suka berkemah, Pantai Tanah Merah adalah pilihan yang tepat sebab ukurannya yang sangat luas.

Tak hanya itu, bagi Anda yang hobi memancing, objek wisata ini cocok untuk mancing ikan, udang serta kepiting. Di samping itu, Anda juga dapat berwisata kuliner dengan menikmati suasana pantai yang terbilang masih asri.

Enaknya lagi, kedalaman pantai masih relatif dangkal, hanya 300 meter dari bibir pantai. Anda pun bisa berenang dengan perasaan lebih aman.

2. Desa Wisata Mentawir

Objek wisata ini berada di Penajam Utara, Desa Wisata Mentawir sangat dekat dengan ibu kota baru. Berstatus sebagai desa wisata menjadikan lokasi ini banyak dikunjungi wisatawan baik di hari biasa maupun tanggal merah.

Desa wisata Mentawir merupakan tempat wisata sekitar IKN Nusantara yang berpotensi sebagai destinasi bahari. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf ) yang menyulap lokasi ini menjadi ikon baru di Kalimantan. 

Adanya Hutan Mangrove dan hutan bambu yang lebat membuat desa ini jadi hidden gems di tengah panasnya udara Kalimantan. Menariknya, terdapat banyak sekali kerajinan tangan yang terbuat dari bambu bisa menjadi oleh-oleh Anda ketika pulang ke tempat asal. 

3. Titik Nol IKN Nusantara

Anda pasti sudah mendengar tempat yang satu ini, ya, Titik Nol IKN. Pada 14 Maret 2022, lokasi ini menyedot perhatian publik sebab titik ini merupakan penanda pusat ibu kota baru. 

Hingga saat ini, tempat wisata sekitar IKN Nusantara yang satu ini menjadi pusat objek wisata bagi masyarakat sekitar. Hampir setiap hari, kawasan ini selalu ramai pengunjung. 

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Titik Nol, pengunjung harus menuruni puluhan anak tangga terlebih dahulu yang berbentuk setengah lingkaran.

Di sekitar lokasi terdapat pendapa luas dengan ornamen khas kalimantan yang selalu ramai dikunjungi pengunjung. Wisatawan bisa melepas lelah serta berfoto ria sambil menikmati hawa sejuk pohon pinus.

4. Bukit Bangkirai

Tempat wisata sekitar IKN Nusantara berikutnya adalah Bukit Bingkarai. Objek ini salah satu kawasan wisata dengan hutan tropis dan berbagai habitat hewan di dalamnya.

Sesuai namanya, Bukit Bingkarai terdapat berbagai Pohon Bingkarai dengan ketinggian mencapai 50 meter. Uniknya, usia pohon-pohon tersebut sudah menyentuh umur 150 tahun.

Daya tarik lain Bukit Bingkarai adalah adanya Canopy Bridge atau jembatan gantung di bagian tengah hutan. Ketinggian jembatan tersebut mencapai 40 meter dengan panjang jembatan sekitar 64 meter.

Di kawasan hutan Bukit Bingkarai juga terdapat fasilitas seru seperti Wall Climbing, Swing Line, Flying Fox dan Jembatan Jaring.

5. Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang merupakan desa adat yang termudah untuk dikunjungi dari pusat Ibu Kota Kalimantan Timur.

Objek wisata ini berada tepat di pinggir Kota Samarinda dan dekat dengan Bandara APT Pranoto Samarinda.

Pentas seni tarian tradisional suku Dayak Kenyah menjadi salah satu daya tarik desa wisata ini. Desa wisata ini tak pernah sepi pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sambil menikmati pertunjukan, Anda juga bisa melihat indahnya Sungai Pampang yang dapat diakses 1,5 jam dari Lamin Utama Desa Pampang.

Sungai ini bermuara pada tiga air terjun dengan banyak mata air serta kolam yang besar.

6. Kebun Raya Balikpapan

Kebun Raya Balikpapan yang berjarak sekitar 15 km dari pusat IKN Nusantara. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke lokasi kebun Raya Balikpapan memerlukan waktu tempuh sekitar 45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Destinasi wisata ini merupakan Konservasi Tumbuhan Kayu dengan lebih dari 1.200 spesies dilindungi. Ada juga rumah anggrek dengan lebih dari 200 jenis.

Di bagian tengah kebun ini terdapat Embung Wain yang berfungsi menampung air hujan dan menambah keindahan.


Selamat Berlibur!