Rapat Koordinasi LDII Kalteng, Prioritas Wujudkan Ukhuwah untuk Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Rapat Koordinasi LDII Kalteng


PALANGKA RAYA (26/9)- Ukhuwah atau persaudaraan perlu terus dibangun untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk mewujudkannya diperlukan silaturahim antar elemen bangsa. Mengingat beragamnya suku, agama, ras dan budaya di Indonesia. 

Hal tersebut yang menjadi topik pembahasan dalam rapat koordinasi (Rakor) yang digelar di Aula Masjid Jamiatul Amaliyah, Jalan Raden Saleh VI Palangka Raya, Senin (26/9) kemarin.

Ketua DPW LDII Kalimantan Tengah HM Nur Prayudi, SE mengungkapkan, dalam menjalankan kehidupan beragama yang moderat, LDII memilih silaturahim/ukhuwah sebagai dasarnya. “Dengan silaturahim akan saling mengenal, memahami, dan membantu, bila sudah begitu terbentuklah persaudaraan, tidak ada saling benci, saling dendam, dan sebagainya”, ungkap Nur Prayudi.


Topik kedua adalah terkait publikasi atau jurnalistik. Untuk mencegah perpecahan akibat munculnya berita hoax dan adu domba, Nurprayudi mendorong para pengurus di seluruh DPD melalui Biro Komunikasi, Informasi dan Media Massa (KIM), menjalankan jurnalisme positif. “Sebarkan berita LDII sesuai koridor Pancasila dan etika jurnalistik,” ujarnya.


Rakor yang berdurasi setengah hari tersebut diikuti oleh seluruh DPD kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah. Untuk diketahui bahwa seluruh kabupaten di Kalimantan sudah terbentuk DPD LDII kecuali Kabupaten Barito Selatan dan Murung Raya. Seluruh perwakilan DPD kabupaten/kota telah melaporkan kegiatannya di daerahnya masing-masing.


Sekretaris DPW LDII Kalteng, Zia Abdul Azis pada kesempatan itu berpesan kepada masing-masing DPD untuk menyusun program kerja 1 tahun kedepan mengenai delapan program pengabdian DPP LDII yang bisa diaplikasikan di daerahnya masing-masing.


“LDII memiliki delapan bidang pengabdian untuk bangsa, yakni bidang kebangsaan, bidang dakwah, bidang pendidikan, bidang pangan dan lingkungan hidup, bidang ekonomi syariah, bidang kesehatan alami, bidang teknologi digital, dan bidang energi terbarukan. Silahkan semua DPD membuat program kerja satu tahun kedepan, kira-kira apa yang bisa diterapkan di DPD kabupaten dan kota”, pesannya. (im)

0 Komentar