Gelar Kehormatan Jokowi Presiden Republik Indonesia

gelar kehormatan jokowi


Presiden Joko Widodo kembali mendapat gelar kehormatan saat kunjungan kerja ke Provinsi Maluku Utara, Rabu (28/09/2022). Kesultanan Ternate dari Sultan Hidayatullah Sjah memberikan gelar Dada Madopo Malomo.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dikerjakan oleh Kesultanan Ternate menjaga, merawat adat, tradisi, kearifan lokal. Inilah yang sering saya sampaikan berkepribadian dalam berkebudayaan,” kata Jokowi.

Presiden Jokowo memandang bahwa adat, tradisi, dan kearifan lokal yang ada di seluruh nusantara sangat penting untuk dijaga karena Indonesia adalah negara besar yang penuh dengan kearifan lokal serta kaya akan bermacam-macam adat dan tradisi.

Gelar kehormatn Jokowi ini bukan kali pertama yang ia terima. Beberapa gelar lain juga telah disandangnya seperti dilansir detik.com sebagai berikut :

1. Ki Jaka Winata

Gelar Ki Jaka Winata diberikan kepada Jokowi pada tahun 2014 lalu. Gelar ini diberikan oleh masyarakat adat Kampung Naga, Garut, Jawa Barat. Saat itu, Jokowi masih menjadi calon presiden.


2. Biji Nagara Madafalo atau Yang Dipertuan Agung Anak Negara

Pada tahun 2015, Jokowi juga mendapatkan gelar kehormatan dari Kesultanan Tidore, Maluku Utara. Kala itu, Jokowi dianugerahi gelar Biji Nagara Madafalo atau Yang Dipertuan Agung Anak Negara.


3. Upu Kalatia Kenalean Da Ntul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku

Jokowi juga mendapat gelar kehormatan Upu Kalatia Kenalean Da Ntul Po Deyo Routnya Hnulho. Gelar itu diberikan masyarakat adat Maluku pada tahun 2017 lalu. Gelar adat ini diberikan atas dasar keputusan majelis adat Maluku yang terdiri atas tetua adat atau Latupa.


4. Kapiteng Lau Pulo

Jokowi juga menerima gelar adat Kapiten Lau Pulo. Gelar itu diterima Jokowi pada tahun 2017 lalu, saat dia berkunjung ke Tugu Pantai Pagatan, tepi Pantai Pagatan, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.


5. Kambepit atau Panglima Perang Suku Asmat

Gelar ada Kambepit atau Panglima Perang Suku Asmat diterima Jokowi dalam kunjungannya ke Kabupaten Asmat, Papua.


6. Tuanku Sri Indera Utama Junjungan Negeri

Pada 2018 lalu, Jokowi juga diberikan gelar Tuanku Sri Indera Utama Junjungan Negeri. Ia mendapat gelar ini dari Kesultanan Deli di sela kunjungan kerja ke Sumatera Utara.


7. Raja Balaq Mangkunegara

Gelar ada juga didapatkan Jokowi dari masyarakat adat Komering, Sumatera Selatan. Gelar yang diberikan adalah Raja Balaq Mangkunegara


8. Pinisepuh

Jokowi juga mendapat gelar Pinisepuh Paguyuban Pasundan. Gelar ini diberikan oleh masyarakat adat Paguyuban Pasundan pada 11 November 2018 lalu.


9. Datuk Seri Amanah Negara

Gelar Datuk Seri Amanah Negara diberikan kepada Jokowi pada 2018 yang lalu. Gelar itu diberikan oleh masyarakat adat Melayu Riau.


10. Derayeh Acang Aco

Pada 2019, Jokowi mendapat anugerah gelar adat dari masyarakat adat Dayak Lundayeh. Gelar ini diterima Jokowi dalam kunjungannya ke Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara pada 19 Desember 2019 lalu.






0 Komentar