Pahala Dua Qirath Bagi yang Menyalatkan dan Mengantar Jenazah ke Kubur

Pahala Dua Qirath Bagi yang Menyalatkan dan Mengantar Jenazah ke Kubur


Tiap yang bernafas akan mati, كُلُّ نَفْسٍۢ ذَآئِقَةُ ٱلْمَوْتِ ۗ . Siapapun dia, dimanapun tempatnya, sedang dalam keadaan bagaimana. Malaikat maut tak memperdulikannya tatkala datang perintah mencabut nyawa. 

Kesedihan bagi keluarga, kerabat, sabahat yang ditinggal mati adalah hal wajar. Rasa kehilangan kepada orang tercinta di dunia adalah bukti bahwa kita hidup. Hidup saling memberi dan menerima, hidup saling bantu, hidup saling menolong, hidup untuk memberikan manfaat kepada manusia lain. Inilah sebutan manusia sebagai makhluk sosial.

Dibalik duka sebab kematian, ternyata juga dapat dijadikan sebagai ajang untuk mendapatkan pahala besar.

Simak riwayat hadist An Nasa'i berikut ini :     


خْبَرَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ سَلَّامٍ قَالَ حَدَّثَنَا إِسْحَقُ يَعْنِي ابْنَ يُوسُفَ بْنِ الْأَزْرَقِ عَنْ عَوْفٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ اتَّبَعَ جَنَازَةَ مُسْلِمٍ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا فَصَلَّى عَلَيْهِ ثُمَّ انْتَظَرَ حَتَّى يُوضَعَ فِي قَبْرِهِ كَانَ لَهُ قِيرَاطَانِ أَحَدُهُمَا مِثْلُ أُحُدٍ وَمَنْ صَلَّى عَلَيْهِ ثُمَّ رَجَعَ كَانَ لَهُ قِيرَاطٌ


Telah mengkhabarkan kepada kami Abdur Rahman bin Muhammad bin sallam, dia berkata; telah menceritakan kepada kami Ishaq yaitu Ibnu Yusuf bin Al Azraq dari 'Auf dari Muhammad bin Sirin dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: 

"Barang siapa yang mengikuti jenazah seorang muslim karena keimanan dan mengharapkan pahala, lalu dia menshalatkannya, kemudian menunggu hingga disemayamkan dalam kuburnya, maka baginya pahala dua qirath, salah satunya seperti Gunung Uhud. Dan barang siapa yang menshalatkannya kemudian dia kembali (pulang) maka baginya pahala satu qirath."

Maka hendaklah kita tetap sabar dalam keadaan apapun, tidak terkecuali saat ditinggal mati orang yang kita cinta.


0 Komentar