LDII Kecamatan Pedan Turut Ikrar dan Deklarasi Damai

 

ldii pedan

PEDAN, LDII Klaten. LDII dan sejumlah Ormas serta Perguruan Pencak Silat se-Kecamatan Pedan melaksanakan Ikrar dan Deklarasi Damai di Kantor Kecamatan Pedan, Kamis (02 juni 2022). Deklarasi ini sekaligus memanfaatkan momentum hari lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2022 kemarin.

Hadir diantaranya selain LDII yaitu Senkom Mitra Polri, Hamka Darwis, Lindu Aji, Banser, Kokam, Rapi, DMC, GKJ, Baramuda Banaspati. Turut hadir Kapolres Klaten yakni AKP Damin dan AKP Suyono Pamatwil Polres Klaten, H. Marjana, S.Ip.,M.H Camat Pedan, Wakapolsek Pedan Iptu Heri Wibowo, Serma Sumarno Koramil Pedan dan Kasi Trantip Kecamatan Pedan.

Dalam sambutannya, H. Marjana Camat Pedan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh perguruan silat dan ketua Ormas yang sudah hadir, "Ada lebih kurang 20 ormas plus Perguruan Pencak Silat se-Pedan yang hadir." Ungkap Marjana.

"Saya berharap Deklarasi seperti ini jangan hanya sekedar Deklarasi semata, tapi juga dihayati dan bisa diterapkan dengan sebaik mungkin dilapangan. Serta kegiatan-kegiatan semacam ini lebih sering dilaksanakan. Pertama, sebagai sarana Silaturahim. Kedua, sebagai sarana untuk bertukar informasi dan berkoordinasi terkait hal-hal yang sekiranya perlu dibahas demi terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah kecamatan Pedan." harap Marjana


ldii pedan


Sedangkan Wakapolsek Pedan, Iptu Heri Wibowo dalam paparannya menjelaskan bahwa "tanggal 1 juni kemaren adalah Hari Lahir Pancasila, ini tentunya berkenaan dengan Bhinneka Tunggal Ika, oleh karenanya Deklarasi dan Ikrar bersama ini adalah bertujuan agar Ormas se-Pedan serta Perguruan Pencak Silat se-Pedan senantiasa  menjaga kerukunan dan kekompakannya, terutama dalam menjaga Kamtibmas membantu TNI-POLRI."

Kapolres Klaten yang diwakili Pamatwil Polres Klaten AKP Suyono dan AKP Damin menyampaikan bahwa semenjak bertugas di Polres Klaten, Kapolres telah memberikan Instruksi tegas yaitu: Polri tegak lurus dengan tegas akan menindak kalau ada Ormas yang melanggar aturan, apalagi sampai berbenturan sesama ormas atau dengan persilatan.

"Kapolres berharap menjelang tahun politik 2024, semua ormas bersatu dan semakin solid membantu TNI dan Polri, jangan sampai malahan ormas ataupun persilatan berbenturan dengan kami pihak Kepolisian" Ucap Suyono.

Senada dengan AKP Suyono, AKP Damin juga menyampaikan bahwa sangat disayangkan kalau sampai terjadi benturan antar ormas, apalagi dengan pihak kepolisian. Kita akan sangat mudah disusupi oknum-oknum yang akan memecah belah bangsa. Oleh karenanya, kami Satbinmas Polres Klaten siap hadir jikalau saudara-saudara undang ketika pertemuan saudara, baik internal ormas maupun antar ormas se-pedan ini."

Menginjak acara puncak, perwakilan semua ormas dan pencak silat bersama Forkopimcam Pedan mengucapkan Ikrar Damai yang kemudian secara bergantian menandatangani Ikrar/Deklarasi Damai Perguruan Pencak Silat dan Ormas se-Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten. (Rizal PM)

0 Komentar