Komitmen LDII Bekasi Membumikan Pancasila

 ldii bekasi

Bekasi, LDII. Gelar webinar kebangsaan, Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Bekasi bertekad memupuk generasi muda dengan wawasan kebangsaan dan salah satunya dari 8 bidang pengabdian LDII untuk bangsa.

Ketua DPD LDII Kota Bekasi, H. Ary Widjanarko, mengatakan komitmen membumikan Pancasila juga diyakini mampu mewujudkan terbentuknya toleransi beragama.

"Dengan merawat nilai-nilai Pancasila maka mampu juga sebagai kunci mempertahankan moderasi beragama di Indonesia. Program pengabdian pertama adalah ‘Wawasan Kebangsaan’ menjadi prioritas utama pengabdian LDII dalam ikut serta mempertahankan NKRI dengan dengan 4 pilar utamanya adalah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika," kata Ary dalam keterangan pers, Senin, 6 Juni 2022.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi, H. Shobirin, mengatakan LDII telah membantu pemerintah dalam mensosialisasikan program prioritas Kementerian Agama tahun 2022 yaitu program penguatan moderasi beragama.

"Mengapa moderasi beragama sangat penting, karena sebagai sarana mewujudkan kemaslahatan kehidupan beragama dan berbangsa sehingga tercipta hidup yang rukun, harmonis, damai, toleran serta taat konstitusi," jelasnya.

Senada, Dandim 0507 Letkol Luluk Setyanto, mengatakan moderasi merupakan kegiatan yang penting dilakukan agar kebersamaan dan menghargai perbedaan tetap terjaga.

"Semoga kegiatan webinar kebangsaan ini bisa dikembangkan dan ditularkan sehingga masyarakat bisa peka tentang hidup damai dan saling berdampingan," ungkap Luluk.

Menurut Luluk konsep kebangsaan melalui Pancasila 1 Juni 1945, jauh sebelum berdirinya Indonesia untuk memahami nilai-nilai Pancasila.

"Maka kita akan menjalankan moderasi beragama, karena digali dari agama, budaya. Dan lahirlah Pancasila sebagai jalan tengah karena di Indonesia terdiri bangsa, agama, suku dan ras," ujar Luluk.

0 Komentar