LDII Balikpapan Terima Hibah Kelola Masjid Annasai

 LDII Balikpapan Terima Hibah Kelola Masjid Annasai

BALIKPAPAN, LDII – Warga LDII Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Yayasan Hikmah Qurrota Ayun menerima hibah tanah dan Masjid Annasai, Batu Ampar, Balikpapan. Prosesi serah terima hibah, dilakukan oleh H. Muhammad Nase kepada Moh. Mahruji Ketua Yayasan Hikmah — yang bernaung di bawah DPD LDII Balikpapan, pada Minggu (27/3).

Kegiatan tersebut disaksikan oleh Ketua Umum MUI Kota Balikpapan Habib Mahdar Abu Bakar Al Qadri bersama jajaran pengurus DPD LDII Kota Balikpapan, di hadapan sekitar 300 orang jamaah yang berlangsung di Masjid An Nasai.

Pada kesempatan tersebut, HM Nase menyerahkan salinan Akta Notaris dari Pejabat Pembuat Akta Tanah, Mayasusi Likovitasari, No. 9/ 18 Januari 2022 tentang Akta Perjanjian Pengikatan Hibah serta No. 10/18 Januari 2022 tentang Akta Kuasa kepada Moh. Mahruji selaku Ketua Yayasan Hikmah Qurrota Ayun.

Dalam akta disebutkan HM Nase menyerahkan sebidang tanah seluas 1.200 meter persegi dengan sertifikat hak milik yang dikeluarkan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Balikpapan pada 31 Desember 2008.

Usai prosesi serah terima, Mahruji kemudian membacakan surat keputusan kepengurusan Masjid Annasai yang baru berdasarkan SK PC Dewan Masjid Indonesia (DMI) Balikpapan Utara.

“Alhamdulillah, pada Minggu 27 Maret 2022, kepengurusan Masjid Annasai berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan Cabang Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Balikpapan Utara, nomor SKEP.0148/DMI.BU/III/2022 tanggal 20 Maret 2022 secara resmi berlaku,” tutur Moh. Mahruji saat mengawali pembacaan SK DMI.

Dalam SK tersebut, bertindak selaku pembina Masjid Annasai adalah Camat Balikpapan Utara, Kepala KUA Kecamatan Balikpapan Utara, dan Ketua PC Dewan Masjid Balikpapan Utara. Sebagai Ketua Pengurus Masjid H. Tohadi dan Sekretaris I H. Agus Widjayanto. SK ditandatangani Ketua DMI Balikpapan Utara Ismail dan Sekretaris Gusti Ardiansyah, S.Ag. M.M.

Sekretaris Pengurus Masjid Annasai H. Agus Widjayanto, mengatakan bahwa proses hibah tanah beserta bangunan berupa Masjid Annasai telah melalui langkah yang benar. Hal ini, menurutnya, berdasarkan Kitab Undang-undang Hukum Perdata dan Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah.


LDII Balikpapan Terima Hibah Kelola Masjid Annasai


“Penyerahan dari pemilik sebelumnya H. Muhammad Nase secara sukarela atas inisiatif beliau sendiri. Tidak ada paksaan, prosesnya berjalan baik,” tutur Agus. Selaku sekretaris, dirinya juga akan membantu menyusun rencana program dan kegiatan hingga administrasi umum, termasuk dengan mensosialisasikan tata tertib penggunaan masjid di lingkungan sekitar.

“Warga sekitar sudah menunggu kegiatan keagamaan seperti semula seperti pengajian TPA/PAUD untuk anak-anak, pengajian remaja dan dewasa. Semua kegiatan tersebut tidak dipungut biaya oleh takmir masjid,” tambahnya.

Sementara itu, Beny Laode S.H, kuasa hukum Yayasan Hikmah Qurrota Ayun menambahkan bahwa HM Nase sudah melakukan hibah sejak 10 November 2013 berupa Surat Pernyataan Hibah kepada takmir Masjid Annasai disaksikan seluruh ahli waris.

“Namun sejak tahun 2019 pengelolaan beralih, dan pada tahun 2022 ini telah dilakukan penandatanganan akta hibah secara resmi di hadapan Notaris/PPAT oleh Haji Nase bersama penerima hibah sehingga sempurnalah proses hibah yang dilakukan,” tutur Beny.

Ditemui terpisah, Ketua DPD LDII Kota Balikpapan H. Herry Fathamsyah bersyukur atas kepercayaan yang diberikan masyarakat. “Saya mewakili seluruh warga LDII mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Haji Muhammad Nase dan keluarga atas kepercayaannya memberikan hibah tanah dan masjid ini,” tutur Herry.

“Ini merupakan amanat dan tanggung jawab yang besar yang diemban oleh seluruh pengurus, seluruh warga, dan generasi penerus untuk selalu menjaga dan merawatnya, termasuk tanah dan masjid ini. Semoga Allah memberi keamanan, keselamatan, kelancaran, kesuksesan, dan kebarokahan untuk pengembangan dakwah di daerah sekitar, ilaa qurbi yaumil qiyamah,” tutup Herry. (SA/LINES)

#LDII Balikpapan Terima Hibah Kelola Masjid Annasai

0 Komentar