Ari Sultoni Jadi Hakim Ad Hoc, LDII Sumbar Pilih Afrizal Yaman sebagai Ketua Baru

ldii sumbar


SUMBAR, LDII. Afrizal Yaman ditetapkan sebagai Penjabat (Pj) Ketua DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sumatera Barat dalam Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Masjid Mifathul Huda Lubuk Minturun Kota Padang, Sabtu (26/3/2022).

Wakil Ketua DPW LDII Sumatera Barat Bustari Badal saat pembukaan Rapimwil LDII Sumbar di Padang,Sabtu mengatakan Rapimwil ini digelar usai Ketua DPW LDII Sumatera Barat periode 2019-2024 M Ari Sultoni mengundurkan diri karena pindah domisili ke Kota Bandung Jawab Barat.

"Beliau diberi amanah oleh negara sebagai Hakim Adhoc Tindak Pidana Korupsi PN Bandung sehingga jabatan ketua kosong. Roda organisasi harus terus berjalan dan kami menggelar Rapimwil LDII Sumbar 2022," kata Badal.

Menurutnya hasil Rapimwil tersebut menetapkan Penjabat Ketua DPW LDII Sumatera Barat Afrizal Yaman yang diberikan kewenangan sama seperti Ketua DPW LDII Sumbar.

Dalam Rapimwil LDII Sumbar tersebut Afrizal Yaman menang aklamasi usai diusulkan mayoritas pemegang suara sah dalam kegiatan tersebut.

"Penjabat Ketua juga diberi waktu enam bulan untuk menggelar Musyawarah Wilayah Luar Biasa (Muswilub) LDII Sumbar untuk menetapkan ketua defenitif," kata dia.

Ia mengatakan dalam Penjabat Ketua DPW LDII Sumbar terpilih Afrizal Yaman mengatakan pihaknya akan bekerja keras untuk merealisasikan target yang diberikan kepada dirinya dalam Rapimwil tersebut.

"Kita akan lakukan sinergi, koordinasi dan kerja sama maksimal dengan sesama pengurus organisasi serta pihak eksternal untuk menggelar Muswilub tersebut," kata dia.

Selain itu dirinya meminta dukungan kepada seluruh pihak agar mampu mengemban amanah organisasi ini secara bersama -sama.

"Saya mengajak seluruh pengurus untuk bersinergi dan bekerja sama karena memang organisasi ini kolektif koligial sehingga harus dikerjakan secara bersama-sama," ucapnya.


ldii sumbar


Sementara itu Ketua Umum DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) KH Crhiswanto Santoso mengatakan, mundurnya ketua merupakan hal yang wajar dan diatur di AD/ART organisasi. DPP langsung menginstruksikan DPW menggelar Rapimwil untuk mencari pelaksana tugas ketua.

"Rapimwil ini digelar karena M Ari Sultoni ini bukan diangkat sebagai ketua namun terpilih dalam Musyawarah LDII Sumbar 2019 dan maka harus musyawarau tertinggi yang digunakan untuk mencari pengganti sementara," katanya.

Rapimwil ini merupakan momen penting, karena pengurus saat ini produk Muswil 2019 saat pandemi COVID-19 belum terjadi dan saat ini terjadi perubahan lingkungan strategis yang berdampak pada krisis kesehatan lalu ekonomi dan bisa saja berdampak sosial.

"Bisa saja terjadi krisis sosial dan LDII Sumbar harus berperan aktif, membantu pemerintah memberikan manfaat kepada masyarakat Sumbar," ucap Chriswanto.

Dirinya optimistis Afrizal Yaman mampu menuntaskan tugas yang telah diberikan kepada dirinya sebagai Penjabat Ketua DPW LDII SUmbar. Dirinya memiliki jiwa kepemimpinan yang mampu rangkum jadi keputusan. Pemimpin harus mampu menjalin komunikasi internal dan eksternal yang baik. 

"Mari duduk bersanding bukan bersaing, saling rangkul bukan memukul. Dalam waktu enam bulan ini silahkan bekerja keras melanjutkan apa yang telah dilakukan pengurus sebelumnya dan jalin komunikasi legal dengan pemangku kepentingan untuk merealisasikan target dan program yang ada," katanya.

0 Komentar