Peduli Lingkungan, LDII Pamekasan Tanam Bibit Pohon Jati di Stadion Ratu Pamelingan

ldii pamekasan


PAMEKASAN, LDII. DPD LDII Pamekasan bekerjasama dengan Dinas Kehutanan wilayah kerja Madura serta PJ Kepala Desa Ceguk melaksanakan Gerakan Penghijauan di kawasan sekitar Stadion Ratu Pamelingan, Desa Ceguk, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Minggu (30/1).

Ketua DPD LDII Pamekasan M. Bakir mengatakan gerakan penghijauan merupakan program kerja DPD LDII Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam. Ia menyampaikan ihwal gerakan penghijauan merupakan bentuk perwujudan cinta terhadap lingkungan.

“Kami berharap kegiatan penghijauan ini dapat meningkatkan kepedulian warga LDII terhadap lingkungan di sekitarnya. Kegiatan seperti ini juga merupakan bagian dari dakwah bil hal,” ujar M. Bakir.

Lokasi dipilih karena kawasan Stadion Ratu Pamelingan merupakan salah satu ikon dari Bumi Gerbangsalam ini. Stadion tersebut sering digunakan untuk menggelar kegiatan-kegiatan olahraga. Untuk itu keberadaan ruang terbuka hijau menjadi sangat penting agar tercipta ekosistem yang sehat bagi masyarakat yang beraktivitas di kawasan sekitar stadion tersebut.

Kegiatan penanaman pohon tersebut diikuti sejumlah jajaran pengurus harian LDII serta warga yang tinggal di sekitar lokasi. Babinsa Desa Ceguk juga turut mengawal kegiatan itu.

Sebanyak 200 bibit pohon jati (Tectona grandis) ditanam di area tersebut. Bibit pohon jati yang digunakan berasal dari benih yang telah lolos uji sertifikasi dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur.

Kepala Seksi Rehabilitasi Lahan dan Pemberdayaan Masyarakat (RLPM) Cabang Dinas Kehutanan wilayah Sumenep, Agung Katri Atmodjo mengaku senang dengan adanya kegiatan seperti ini.

“Kerusakan lingkungan yang terjadi di bumi ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Maka dari itu kita harus memulai dan terus menjaga kelestarian lingkungan di sekitar kita,” ujar Agung.

Agung juga menyampaikan, banyak hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk peduli lingkungan. Tidak hanya dengan menanam pohon, tapi bisa juga dengan aksi sederhana sapu bersih sampah berserakan (SABER) di fasilitas-fasilitas umum seperti area gedung olahraga (GOR) dan lain sebagainya.

Pj Kepala Desa Ceguk, Sanoji, mengatakan pihaknya mendukung dan mengapresiasi Gerakan Menanam Pohon yang dilakukan oleh warga LDII. Ia berharap kegiatan pelestarian lingkungan yang dilaksanakan warga LDII ini dapat menjadi contoh positif serta dapat terus ditingkatkan di kemudian hari. (Dewi/Lines Pamekasan)

0 Komentar