LDII SIAK Go Green, Bersama Warga Tualang Tanam Pohon

LDII SIAK


LDII SIAK.  Kiprah Ldii di bidang gerakan Go Green sebagai Kontribusi Dakwah Bil Hal di bidang pelestarian lingkungan serta wujud peduli lingkungan untuk generasi penerus dan selaras dengan alam, sebagai mana dalam hadist ” Tidaklah seorang muslim menanam pohon, tidak pula menanam tanaman, kemuadian pohon/tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia atau binatang melainkan menjadi sodakoh baginya”(HR. Imam Bukhori – Hadist no. 2321).

Dengan telah ditetapkan Hari menanam Pohon melalui keputusan Presiden RI No.24 Tahun 2008 yaitu tanggal 28 November sebagai Hari menanm Pohon Indonesia (HMPI) dan bulan Desember sebagai bulan menanam Pohon. Dengan latar belakang tersebut DPD LDII bekerja sama dengan PC LDII Tualang untuk memprakasai kegiatan Hari menanam Pohon dengan mengajak Upika Tualang dan masyarakat bersama-sama menanam pohon sebagi wujud peduli lingkungan dan pelertarian alam

Upaya untuk menghijaukan lingkungan di wilayah Kecamatan Tualang. Dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Camat Tualang, beserta Danramil, Kapolsek, hadir dalam penanaman pohon di desa maredan barat Kecamatan Tualang. Minggu, 28/11/21.

Hadir dalam acara Hari Menanam Pohon Indonesia Camat Tualang diwakilkan Kasi PMK Ibu Mida, Danramil Tualang, Kapolsek Tualang, Ketua DPD LDII Kabupaten Siak, Pengurus PC LDII Kecamatan Tualang, tokoh agama dan tokoh masyarakat kecamatan tualang.

Kasi PMK Ibu Mida yang mewakili Camat Tualang mengapresiasi kegiatan penghijauan lingkungan yang diprakarsai oleh PC Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kecamatan Tualang. Bibit tanaman yang terdiri dari tanaman keras dan tanaman buah diserahkan kepada perwakilan masyarakat yang diharapkan dapat mengembalikan kelestarian lingkungan di Tualang. “Sangat kami apresiasi kegiatan ini sebagai upaya pelestarian lingkungan. Hal ini adalah bentuk kepedulian yang luar biasa dari LDII Tualang,” ujarnya.


LDII SIAK


Mida mengungkapkan bahwa penanaman pohon sebagai wujud menjaga kelestarian lingkungan, mengurangi efek rumah kaca dan untuk mewarisi generasi yang akan datang. Pohon yang sudah ditanam senantiasa dijaga dan dirawat agar bisa tumbuh dan hidup. “Jangan sampai setelah ditanam lalu ditinggal begitu saja. Nanti kalau banyak yang tidak tumbuh akan percuma. Agar hasilnya maksimal, maka perlu ada monitoring dan perawatan setelah penanaman,” ujar Ibu Mida.

Lebih lanjut, dirinya berharap gebrakan menanan 5 ribu pohon dapat menggugah seluruh elemen masyarakat agar semakin peduli akan kelestarian lingkungan demi generasi yang akan datang. Pasalnya akar pohon yang kuat dapat menyimpan air dan mencegah terjadinya bencana alam seperti tanah longsor dan kekeringan. “Mudah-mudahan dalam penanaman ini akan bermanfaat untuk generasi yang akan datang. Bisa terwujud nyata untuk mencegah terjadinya bencana alam, karena akar-akar pohon yang kuat dapat menyimpan air dan menyengkram tanah,” tuturnya.

Ketua DPD LDII Siak Subakri, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan program kerja LDII Kabupaten Siak tahun 2021 tentang pelestarian lingkungan. Dalam proses penanaman, pihaknya akan melibatkan kelompok tani, Karang Taruna serta komunitas masyarakat lainnya. Dengan mengambil tema ‘Go Green untuk Selamatkan Lingkungan dan Generasi Masa Depan’, kegiatan ini diharapkan mampu dijadikan teladan bagi masyarakat. “Ini sebagai bentuk tanggung jawab LDII yang bergerak di bidang dakwah untuk memberi teladan bagi masyarakat. Semoga upaya ini turut meningkatkan kepedulian warga terhadap lingkungan,”

Ketua PC LDII Tualang H. Sugiono menyampaikan rasa terim kasih kepada DPR-RI Ir. Efendi Sianipar yang banyak mendukung dan mensuport kegiatan DPW LDII Riau hususnya Kelompok Tani yang mendapatkan bantuan Bibit Tanaman di Tualang Kabupaten Siak, dan juga berterima kasih kepada Unsur Pimpinan Kecamatan, Kapolsek, Danramil, Senkom, Panitia dan semua masyarakat yang turut mensukseskan kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia, dan menghimbau warga LDII agar hoby menjaga dan melestarikan alam.(rif)

0 Komentar