LDII SAMPIT | Kalimantan Tengah | LDII Kotawaringin Timur

 

Webinar Digital Marketing LDII Kalimantan Tengah

KALIMANTAN TENGAH (31/1). Dewan Pimpinan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kalimantan Tengah menyelenggarakan Webinar Digital Marketing melalui melalui aplikasi Zoom Meeting. Fokus pada tema optimalisasi pemasaran di era digital, webinar diharapkan bisa menjadi bimbingan bagi para pengusaha dan calon enterprenuer  warga LDII khususnya  di Kalimantan Tengah.


Mengawali webinar, Dr. Ardhito Binadi menyampaikan bahwa kewajiban orang iman dalam berusaha adalah mencari yang halal dan baik. Halal dalam proses mencarinya dan baik adalah berupa sesuatu yang bermanfaat bagi manusia.


" Apabila penduduk suatu negeri beriman dan bertaqwa secara makro akan menjadikan negara itu makmur, " ungkap Ardhito sembari mengutip surat Al A'raf ayat 96,


وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ ٱلْقُرَىٰٓ ءَامَنُوا۟ وَٱتَّقَوْا۟ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَـٰتٍۢ مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ وَلَـٰكِن كَذَّبُوا۟ فَأَخَذْنَـٰهُم بِمَا كَانُوا۟ يَكْسِبُونَ


Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.


Ardhito menjelaskan bahwa untuk mendapatkan yang halal, maka harus mengetahui ilmunya, tujuannya agar tidak tidak terjatuh pada keharaman. Ia mengingatkan, seseorang apabila sudah terjerumus dalam keharaman akan sulit keluar darinya. Termasuk diantaranya supaya menghindari riba.

 

PENGUSAHA SEJATI HARUS MEMPUNYAI VISI DAN MISI


" Selain mempunyai tugas untuk beribadah kepada Allah, manusia juga berkewajiban mencari maisyah di dunia, " ungkap Arie Wibisono, CA, MBA  dalam pendahuluan pemaparan materi.

Dalam webinar, Arie berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar aktivitasnya sebagai seorang yang bergelut dalam bidang usaha.  


Arie menyebut 3 hal utama bagi seseorang yang akan memulai usaha agar berhasil, meliputi Mindset (fikiran), Skillset (kemampuan), Rulset (pengetahuan).


" Pengusaha sukses apabila bisa menetapi 6 tabiat luhur. Jujur, amanah dan mujhid muzhid. Bagaimana seseorang bisa berhasil mengelola keuangan usahanya, apabila dalam mengatur keuangan pribadi saja acak-acakan ? ," tegas Arie.


Industry 4.0  business marketing telah masuk ke dalam peralihan dari model lama ke model baru. Seseorang tidak melulu harus menawarkan produk door to door, namun juga dapat dilakukan melalui media online.

 

Tips sukses :

✔ Persiapan 80% dari keberhasilan

✔ Persiapan yang sungguh-sungguh adalah kunci

 keberhasilan

✔ Terus belajar “Repetition is Mother of All Skill”

✔ Tidak ada kata “GAGAL” adanya “BERHASIL dan BELAJAR”

 

" Pengusaha Sukses mempunyai visi/impian dan fokus pada potensi terbesar mereka, " tegas Arie.

 


PIKUB.COM


" Mengutip kalimat Menkeu Sri Mulyani bahwa di era pandemi sektor usaha yang masih bisa bertahan adalah bisnis digital, untuk itu diharapkan warga LDII dapat beradaptasi," ungkap Wira Pradana, ST membuka pemaparan digital marketing.


Arie memperkenalkan pikub.com sebagai search engine yang menyediakan bank data usaha ekonomi warga LDII. Tersedia dalam versi PC, Android dan IOS, sehingga pikub.com dapat di download untuk selanjutnya user dapat melakukan regitrasi.


" Saat ini Pikub fokus pada memberi manfaat untuk menghubungkan potensi ekonomi sesama warga LDII. Harapannya warga dapat memanfaatkannya untuk pencarian produk yang dibutuhkan," ungkap Wira.  


Wira menyebutkan, Kunci Sukses Konten adalah  Clear benefit (manfat yang jelas) Focus dan tidak membuat bingung, Trust Factor (Faktor yang membuat orang percaya) dan Calon Konsumen yang tepat.


" Dalam pemasaran digital jangan hanya terpaku pada sisi teknis, namun juga harus mengedepankan nilai - nilai spiritual ," jelas Wira.


Sementara Arie Wibisono dalam closing statment nya menyampaikan agar usaha yang dikerjakan diniatkan dengan benar, " Diniati karena Allah dalam mencari maisyah ." 


Menutup kegiatan webinar digital marketing, Rio Sidauruk, SH dari DPP LDII menegaskan kembali pentingnya penguatan ekonomi warga LDII. PIKUB.COM salah salah media yang dapat dijadikan sebagai sarana pengembangan bisnis warga LDII. 


Webinar Digital Marketing yang diselenggarakan oleh DPW LDII Kalimantan Tengah bekerja sama dengan DPP LDII ini diikuti sejumlah 298 peserta yang tersebar di 53 studio se Kalimantam Tengah.



https://onl.st/Webinar-PIKUB.COM/






1 Komentar

  1. Semangat dalam mencari bekal untuk hidup di dunia, dan akhirot dengan ridho alloh, SWT,..

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama