Tahun Politik, KH Abdullah Syam: LDII Tidak Akan Mengambil Sikap


TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Umum LDII, KH Abdullah Syam memastikan jika pihaknya tidak akan berpihak di Pilpres 2019.
"LDII tidak akan mengambil sikap, sikapnya netral aktif, dia sama dengan NU, Muhammadiyah, tidak terlibat dalam politik praktis, secara lembaga institusinya. Tapi secara perorangannya silahkan masuk diparpol yang mana," katanya, Rabu (13/02/2019).
Namun, ditegaskannya pula untuk warga LDII tidak diperbolehkan untuk golput.
"Kemudian dalam mengalurkan aspirasi, tidak boleh golput, harus memilih dan tanpa dikomando. Masyarakat LDII juga cerdas karena ada edukasi publik tentang masalah demokrasi, menilai calon yang punya integritas tinggi, berpihak ke masyarakat," katanya.

Walaupun begitu, diakuinya ada kader maupun warga LDII yang ikut didalam timses dari Capres-Cawapres.
"Warga LDII jika secara perorangan ada masuk dikedua tim sukses Capres-Cawapres, kalau perseorangan silahkan, tapi jangan lembaganya disebut," terangnya.
Lebih lanjut, ia menerangkan di Rakerwil LDII Kalbar, juga akan mengimbau para kader dan warga LDII agar tetap menjaga pesta demokrasi dengan aman dan damai.
"Kita dalam pesta demokrasi ini supaya timbul kebersamaan saling menghormati, saling menghargai, toh fokusnya tidak akan merubah Pancasila, NKRI tetap utuh, itu saja, tapi substansinya, subjeknya, siapa yang mengelola negara ini baik legislatif maupun eksekutif menuju negara yang adil, sejahtera," katanya.
"Jadi siapapun yang jadi, kita tetap saja paling tidak LDII, siapapun datang, diterima, didoakan agar bisa berhasil, harus berusaha, jangan pasrah terhadap takdir, namun disamping berusaha harus percaya pada putusan Allah SWT dikemudian hari dan ambil hikmahnya," tukasnya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Maskartini