Masa selalu mengalami perubahan, bergerak meninggalkan satu waktu menuju ke waktu berikutnya. Dan di setiap masa di kehidupan ini mempunyai karakteristik yang berbeda - beda, hampir dalam segala hal. 

Setelah JANIN lahir dari rahim seorang Ibu, maka merupakan sebuah keniscayaan dia menjadi DEWASA dan TUA apabila diberi umur panjang.
ٱللَّهُ ٱلَّذِى خَلَقَكُم مِّن ضَعۡفٍ۬ ثُمَّ جَعَلَ مِنۢ بَعۡدِ ضَعۡفٍ۬ قُوَّةً۬ ثُمَّ جَعَلَ مِنۢ بَعۡدِ قُوَّةٍ۬ ضَعۡفً۬ا 
وَشَيۡبَةً۬‌ۚ يَخۡلُقُ مَا يَشَآءُ‌ۖ وَهُوَ ٱلۡعَلِيمُ ٱلۡقَدِيرُ (٥٤
Alloh, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa. [QS: ar-Rum ayat 54]

Ada 3 ( Tiga ) Fase Hidup yang manusia menjalaninya, yaitu LEMAH - KUAT - LEMAH. Di fase KUAT, sebab sifat Pengasih dan Penyayang Alloh Subhanahu wata'ala maka manusia bisa memanfaatkan untuk memaksimalkan ibadah lantaran memikul tanggung jawab  sebagai seorang abdi/hamba,Allah Ta’ala berfirman :
,وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat: 56)

Sementara di Fase LEMAH, Alloh Ta'ala memberikan Pengampunan Nya dengan membebaskan diri manusia dari kewajiban peribadatan itu.
رفع القلم عن ثلاث عن النائم حتى يستيقظ وعن الصغير حتى يكبر وعن المجنون حتى يعقل أو يفيق
"Pena catatan amal diangkat (amalnya tidak dicatat) untuk tiga orang: orang yang tidur sampai dia bangun, anak kecil sampai dia baligh, dan orang gila sampai dia sembuh atau berakal.” (H.R. An-Nasa’i dan Abu Daud )

Sebagai wujud kesyukuran kepada Alloh, maka sudah sepantasnya apabila menggunakan 'Aji Mumpung' untuk lebih  'taqorub ilalloh' / 'Nge POL kan' diri mendekat kepada Alloh.  
Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallah ‘alaihi wa sallam bersabda 
اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ
Manfaatkanlah lima perkara sebelum lima perkara :
(1) Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,
(2) Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,
(3) Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,
(4) Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,
(5) Hidupmu sebelum datang matimu.”
(HR. Al Hakim )

Bila merasa bahwa selama tahun 2018 belum maksimal dalam beribadah, Yuk mari di tahun 2019 dipersiapkan untuk 'pumping up' diri dalam berlomba menumpuk pahala sebagai bekal menuju datangnya AJAL.Yang selayaknya untuk dilakukan diantaranya adalah :

  • Meningkatkan kekhusyukan dan ketuma'nihan dalam beribadah kepada Alloh
  • Memperbanyak amalan sunah.
  • Merutinkan menghadiri pengajian dan hoby mendengarkan nasehat agama.
  • Menjaga pergaulan dengan orang - orang sholih.
  • Memperbanyak ber DOA, terutama doa untuk ditetapkan dalam KEIMANAN.
  • Menetapkan hati untuk tetap KARENA ALLOH.
DPD LDII Kotawaringin Timur bersama dengan TPA Baitul Ilmi menyelenggarakan Festival Anak Sholih yang dilaksanakan di akhir tahun, tanggal 31 Desember 2018.
Sebagaimana disampaikan oleh Panitia Pelaksana, bahwa Kegiatan FAS 2018 sebagai salah Program Kerja DPD LDII Kotim dalam pembinaan rohani generasi muda serta untuk mengukur kemampuan atas hasil belajar mengajar selama 1 tahun.

Kegiatan yang dilombakan meliputi : 

  • Tahfidz Al quran
  • Tartil Al quran
  • Adzan
  • Ceramah Agama
  • Seni kaligrafi 
  • Dll


Semoga di tahun 2019, Alloh memberikan lebih banyak lagi KENIKMATAN dan KARUNIA kepada kita.Alhamdulillah jaza kumulloh khoiro.



FESTIVAL ANAK SHOLEH, 31 Desember 2018 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama