RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemuda Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) PC Panakkukang, menggelar pengkajian Alquran dan Alhadis dalam menyambut tahu baru 2017, di Masjid Nurul Hakim, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar Sabtu malam (31/12/2016) hingga Minggu (1/1/2017) dini hari.

Wakil Ketua LDII Sulsel Bidang Informasi dan Komunikasi, Suyitno Widodo mengatakan, LDII mendorong generasi muda mengkaji Alquran dan Alhadis di malam pergantian tahun, agar tidak terjebak pada tindakan hura-hura.

"LDII mengimbau tidak membuang waktu dengan foya-foya. Tetapi, menghabiskan waktu dengan mengaji dan mendengarkan arahan dari pejabat yang LDII undang dalam forum pengajian. Ini semua untuk membekali pikiran dan hati generasi muda LDII,” paparnya.

Tahun Baru, Pemuda LDII PC Panakkukang Kaji Alquran dan Alhadis

Pengajian akhir tahun ini bertajuk Membentuk Pemuda Alim, Berbudi Pekerti, dan Mandiri Menghadapi Era Digital dan Bonus Demografi. Menurut Widodo, melalui forum pengajian akhir tahun, LDII berupaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) generasi muda.

"Sejak usia dini, LDII membimbing dan mengarahkan generasi muda untuk menjadi pemimpin yang unggul secara utuh dimasa mendatang,” ujarnya.

Widodo menjelaskan, diera percaturan global, LDII menargetkan pemuda mencapai tiga target keberhasilan, yaitu memiliki ilmu agama yang kuat, berbudi pekerti mulia atau berakhlakul karimah, dan mandiri.

“Karena di era global, seorang pemuda bisa berdaya saing jika memiliki mental agama yang tangguh, iman, dan berketuhanan sehingga tidak tidak terombang ambil oleh arus informasi yang tidak menentu," katanya.

Tahun Baru, Pemuda LDII PC Panakkukang Kaji Alquran dan Alhadis

Sementara itu, Ketua Pemuda LDII Makassar Ismail Arifin mengatakan, seharusnya, malam pergantian tahun dijadikan sebagai momentum menata diri.

“Didalam hadis telah dijelaskan, bahwa tidak datang suatu tahun dimana tahun setelahnya lebih jelek dari tahun sebelumnya. Hadis tersebut menyiratkan kepada kita untuk banyak introspeksi diri dengan melakukan pengajian, shalat malam, doa malam, dan mendengarkan nasihat agama,” pungkasnya.