Presiden Jokowi Bakal Buka Rakernas LDII 2023, Tiga Capres Hadir

rakernas ldii 2023


JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPP LDII) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 7-9 November 2023 di Jakarta. Rakernas ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mempertajam program kerja LDII, yang dicanangkan pada Musyawarah Nasional (Munas) IX LDII tahun 2018. Selain itu, Rakernas ini juga menjadi ajang untuk mendengarkan visi dan misi tiga calon presiden yang akan bertarung pada Pemilu 2024.

Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso mengatakan, Rakernas ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam menyambut era tinggal landas 100 tahun Indonesia pada 2045. “Kami ingin melihat bagaimana para calon presiden menawarkan solusi berkelanjutan untuk mengatasi berbagai persoalan kebangsaan, seperti pendidikan, ketahanan pangan, perubahan iklim, dan kemajuan teknologi,” ujarnya dalam jumpa pers di Gedung DPP LDII, Jakarta, Minggu (5/11).

Menurut KH Chriswanto, LDII memiliki delapan program kerja untuk bangsa, yaitu kebangsaan, keagamaan, pendidikan umum, kesehatan, ketahanan pangan, pelestarian lingkungan, ekonomi syariah, teknologi digital, dan energi baru terbarukan. “Semua program kerja ini bermuara pada pembentukan sumber daya manusia (SDM) profesional religius dan kemajuan bangsa. Kami berupaya menyiapkan SDM untuk menyambut Indonesia Emas 2045, sesuai tema Rakernas ‘Mewujudkan SDM Profesional Religius Dalam Bingkai NKRI Untuk Indonesia Emas 2045’,” katanya.


Rakernas LDII, yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo, juga akan dihadiri oleh tiga calon presiden, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.


KH Chriswanto menambahkan, Rakernas LDII juga akan membahas isu-isu aktual yang berkaitan dengan kebhinnekaan dan persatuan bangsa, terutama menjelang tahun politik. Ia mengkritik adanya kampanye hitam dan ujaran kebencian yang dapat memecah belah bangsa. “Kami mengingatkan, memecah belah bangsa dengan merugikan pihak lain demi kepentingan pribadi maupun kelompok bertentangan dengan Pancasila, juga setiap agama yang diyakini bangsa Indonesia,” tegasnya.

Ia berharap, pesta demokrasi dapat berlangsung dengan damai dan menghasilkan pemimpin yang terbaik untuk Indonesia. “Perbedaan pemikiran dalam bingkai persatuan, selalu menghasilkan banyak hal positif untuk bangsa,” ucapnya.

Rakernas LDII, yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo, juga akan dihadiri oleh tiga calon presiden, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Mereka akan memaparkan visi dan misi mereka di hadapan peserta Rakernas, yang terdiri dari pengurus dan kader LDII dari seluruh Indonesia. DPP LDII juga akan memberikan rekomendasi kepada para calon pemimpin negara itu, terkait pembangunan nasional dan penyelesaian masalah kebangsaan.

Selain itu, LDII dalam Rakernas juga akan menegaskan dukungan terhadap solusi damai Palestina dan penghentian kekerasan terhadap rakyat Palestina. “Bangsa Indonesia yang mengalami penjajahan, pendudukan, dan agresi di masa lalu, merasakan benar perasaan rakyat Palestina. Kami menolak citra yang dibangun Barat dan Israel terhadap Palestina sebagai ekstrimis dan militan. Ini tidak menguntungkan bagi perjuangan rakyat Palestina,” pungkas KH Chriswanto.

Post a Comment

Previous Post Next Post