ldii adalah | ldii artinya

RSUD dr. Murjani Sampit: Rumah Sakit Rujukan Kelas Nasional di Kalimantan Tengah


Rumah Sakit Umum Daerah dr. Murjani Sampit (RSUD dr. Murjani Sampit) adalah salah satu rumah sakit pemerintah yang berada di Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Rumah sakit ini memiliki visi untuk menjadi rumah sakit rujukan kelas nasional yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan paripurna, efisien, transparan, akuntabel, bermutu, dan ramah. Rumah sakit ini juga memiliki motto “Bergerak Cepat Memberi Pelayanan Kesehatan Yang Bermutu dan Terjangkau Demi Tercapainya Demi Kesehatan Masyarakat”.

Sejarah Singkat

RSUD dr. Murjani Sampit berdiri sejak tahun 1931 dengan nama awal RSU Sampit. Rumah sakit ini didirikan oleh seorang dokter Belanda bernama dr. Engelen Bemeh yang bekerja di PT. Inhutani III Sampit. Lokasi awal rumah sakit ini adalah di Jalan Ade Irma Suryani Nasution, yang saat ini menjadi Gedung Olah Raga Habaring Hurung Sampit.

Pada tahun 1979, rumah sakit ini mulai dirintis pembangunannya di lokasi baru, yaitu di Jalan H.M. Arsyad Sampit, dengan biaya dari APBN, APBD I, dan APBD II. Pada tahun 1984, rumah sakit ini diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Tengah dengan nama RSUD dr. Murjani Sampit, dengan kapasitas 20 tempat tidur. Pada saat itu, rumah sakit ini merupakan rumah sakit kelas D.

Pada tahun 1993, rumah sakit ini ditingkatkan statusnya menjadi rumah sakit kelas C dengan 53 tempat tidur, berdasarkan SK. Menkes Nomor 186/Menkes/SKiII/1993. Rumah sakit ini didukung oleh 4 dokter spesialis dasar, yaitu penyakit dalam, bedah, kebidanan dan penyakit kandungan, dan anak.


RSUD dr. Murjani Sampit


Perkembangan Terkini

RSUD dr. Murjani Sampit terus mengalami perkembangan dan peningkatan pelayanan kesehatan sesuai dengan perencanaan pengembangan dan master plan yang telah dibuat. Rumah sakit ini memiliki fasilitas dan peralatan medis yang modern dan lengkap, seperti CT scan, MRI, USG, EKG, EEG, EMG, endoskopi, laboratorium, farmasi, radiologi, transfusi darah, rehabilitasi medis, hemodialisis, ICU, NICU, PICU, OK, IGD, dan lain-lain.

Rumah sakit ini juga memiliki tenaga medis dan paramedis yang profesional dan kompeten, seperti dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi, perawat, bidan, apoteker, analis, radiografer, fisioterapis, nutrisionis, dan lain-lain. Rumah sakit ini juga bekerja sama dengan berbagai institusi pendidikan, asosiasi profesi, dan organisasi sosial untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pelayanan kesehatan.

Rumah sakit ini juga memiliki program-program unggulan, seperti pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin, pelayanan kesehatan primer, pelayanan kesehatan khusus, pelayanan kesehatan promotif dan preventif, pelayanan kesehatan rehabilitatif, pelayanan kesehatan rujukan, pelayanan kesehatan gawat darurat, pelayanan kesehatan kesehatan jiwa, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, pelayanan kesehatan mata, pelayanan kesehatan telinga hidung tenggorokan, pelayanan kesehatan kulit dan kelamin, pelayanan kesehatan jantung dan pembuluh darah, pelayanan kesehatan paru-paru, pelayanan kesehatan syaraf, pelayanan kesehatan anak, pelayanan kesehatan ibu dan kandungan, pelayanan kesehatan bedah, pelayanan kesehatan ortopedi, pelayanan kesehatan urologi, pelayanan kesehatan onkologi, pelayanan kesehatan endokrinologi, pelayanan kesehatan alergi dan imunologi, pelayanan kesehatan infeksi dan tropik, pelayanan kesehatan geriatri, pelayanan kesehatan paliatif, pelayanan kesehatan alternatif, dan lain-lain.

Harapan dan Tantangan

RSUD dr. Murjani Sampit memiliki harapan untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau bagi masyarakat, khususnya di wilayah Kalimantan Tengah. Rumah sakit ini juga berharap untuk menjadi rumah sakit rujukan kelas nasional yang dapat bersaing dengan rumah sakit lain di Indonesia maupun di luar negeri. Rumah sakit ini juga berharap untuk menjadi rumah sakit yang berkontribusi positif terhadap pembangunan kesehatan, ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan di daerah.

Namun, rumah sakit ini juga menghadapi tantangan-tantangan yang tidak ringan, seperti keterbatasan sumber daya, persaingan bisnis, perubahan kebutuhan dan harapan masyarakat, perubahan teknologi dan informasi, perubahan regulasi dan kebijakan, perubahan iklim dan bencana, perubahan epidemiologi dan demografi, perubahan gaya hidup dan perilaku, perubahan nilai dan etika, dan lain-lain.

Untuk itu, rumah sakit ini membutuhkan dukungan dan kerjasama dari semua pihak, baik pemerintah, swasta, masyarakat, maupun media massa, untuk bersama-sama memajukan dan mengembangkan rumah sakit ini menjadi rumah sakit yang unggul dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Sumber: [Website RSUD dr. Murjani Sampit]

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama