Menikmati Es Cao Khas Semarang, Mau Coba?

Es Cao Khas Semarang


Semarang adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki banyak kuliner khas yang menggugah selera. Salah satunya adalah Es Cao, minuman dingin yang cocok diminum di siang hari yang panas. Es Cao adalah singkatan dari Es Cincau, karena bahan utama minuman ini adalah cincau hitam yang dipotong-potong kecil. Cincau hitam adalah sejenis agar-agar yang terbuat dari daun cincau yang direbus dan disaring. Cincau hitam memiliki warna gelap dan tekstur kenyal yang unik.

Selain cincau hitam, Es Cao juga mengandung buah-buahan yang menyehatkan, seperti pepaya, kolang-kaling, dan kelapa muda. Pepaya adalah buah tropis yang kaya akan vitamin C, vitamin A, serat, dan antioksidan. Pepaya memiliki rasa yang manis dan lembut, serta warna yang cerah. Kolang-kaling adalah buah dari pohon aren yang biasanya diolah menjadi manisan. Kolang-kaling memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah. Kelapa muda adalah buah yang memiliki daging putih dan air yang segar. Kelapa muda memiliki kandungan elektrolit, kalium, dan magnesium yang baik untuk tubuh.

Untuk menambah kesegaran, Es Cao juga ditambahkan dengan es serut yang banyak dan sirup frambose yang merah. Es serut membuat minuman ini menjadi dingin dan menyegarkan. Sirup frambose adalah sirup yang terbuat dari buah raspberry yang memiliki rasa yang asam-manis dan aroma yang harum. Sirup frambose memberikan warna merah yang menarik pada Es Cao, serta rasa yang berpadu dengan bahan-bahan lainnya.

Es Cao adalah minuman yang mudah dibuat dan bisa disesuaikan dengan selera. Anda bisa menambahkan atau mengurangi bahan-bahan sesuai dengan keinginan Anda. Anda juga bisa menambahkan susu kental manis, santan, atau sirup lainnya untuk memberikan rasa yang berbeda. Es Cao bisa dinikmati kapan saja, baik sebagai penutup makan siang, camilan sore, atau pelepas dahaga di malam hari.

Es Cao tidak hanya menyegarkan, tetapi juga sehat, lezat, dan beraneka ragam. Es Cao bisa menjadi salah satu alternatif minuman yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Semarang, atau membuatnya sendiri di rumah. Es Cao bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menikmati kekayaan kuliner Indonesia. Es Cao khas Semarang, mau coba?


Berikut adalah resep es cao yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan:

  • 200 gram cincau hitam, potong-potong kecil
  • 100 gram pepaya, potong dadu
  • 100 gram kolang-kaling, potong dadu
  • 100 gram kelapa muda, keruk dagingnya
  • 500 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 2 sdm sirup frambose
  • Es serut secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus air dan gula pasir hingga mendidih dan gula larut. Angkat dan dinginkan.
  2. Siapkan gelas saji, masukkan cincau hitam, pepaya, kolang-kaling, dan kelapa muda ke dalam gelas.
  3. Tambahkan es serut sesuai selera.
  4. Tuangkan sirup gula dan sirup frambose ke atas es.
  5. Aduk rata dan sajikan.

Selamat mencoba! 

Post a Comment

Previous Post Next Post