Logo RI 78

Makrab KDMI Babel, Wadah Silaturahim dan Peningkatan Kualitas Mahasiswa LDII

Makrab KDMI Babel, Wadah Silaturahim dan Peningkatan Kualitas Mahasiswa LDII


BABEL. Komunitas Dakwah Mahasiswa Islam (KDMI) Bangka Belitung menggelar kegiatan malam keakraban (Makrab) pada tanggal 9 – 10 September 2023 di Camping Ground Hutan Pelawan, Namang, Bangka Tengah, Bangka Belitung. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 100 mahasiswa LDII dari berbagai perguruan tinggi di Pulau Bangka.

Makrab KDMI Babel merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antara mahasiswa LDII, sekaligus meningkatkan pemahaman keislaman dan keterampilan mereka dalam berbagai bidang. Dengan tema “Mewujudkan Mahasiswa yang Intelektual, Kreatif, dan Bertalenta, serta Progresif melalui Moderasi Keislaman dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara”, Makrab KDMI Babel menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten dan inspiratif.

Salah satu narasumber yang hadir adalah Dewan Penasihat DPW LDII Babel, Sriyono. Ia memberikan materi tentang peran mahasiswa LDII dalam pembangunan bangsa dan negara melalui pendekatan moderat dalam Islam. Sriyono mengapresiasi inisiatif dari para mahasiswa yang mengadakan kegiatan Makrab. Ia berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi bagian dari agenda rutin KDMI di masa mendatang.

“Kehadiran Makrab KDMI Babel menjadi bukti nyata bahwa mahasiswa LDII siap berperan aktif dalam pembangunan berbangsa dan bernegara melalui pendekatan yang cerdas dan moderat dalam Islam,” ujarnya.

Selain materi, Makrab KDMI Babel juga menyelenggarakan berbagai kegiatan menarik dan bermanfaat, seperti outbond, games, diskusi kelompok, senam pagi, sholat berjamaah, dan tadarus Al-Quran. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, serta membangun kerjasama dan solidaritas antara peserta.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Ahmad Faqih Alkayes, mengatakan Makrab menjadi momentum penting untuk para mahasiswa LDII di Bangka Belitung. Ia menambahkan bahwa kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang silaturahim, tetapi juga sebagai sarana untuk meningkatkan pemahaman keilmuan mahasiswa LDII.

“Tujuan kami menyelenggarakan Makrab ini agar para teman-teman mahasiswa yang berada dalam komunitas dapat saling bersilaturahim, saling mengenal lebih jauh, dan saling akrab satu sama lain sehingga nantinya dapat memiliki kekuatan untuk saling bekerja sama memberikan kontribusi nyata dalam berdakwah,” ujarnya.

Ahmad menyampaikan bahwa kegiatan ini juga menjadi momen penting dalam pembentukan kepengurusan baru KDMI. Kegiatan ini merupakan langkah awal KDMI dalam menyusun struktur kepengurusan yang diharapkan dapat berperan aktif dalam kegiatan dakwah. Faqih menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membentuk kepengurusan dan menyusun program kerja.

“Kami berharap dengan adanya kepengurusan baru ini, KDMI dapat lebih berkembang dan maju dalam melaksanakan dakwah di kalangan mahasiswa. Kami juga berencana untuk mengadakan berbagai kegiatan positif dan kreatif yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Makrab KDMI Babel ditutup dengan acara penyerahan piagam penghargaan kepada peserta terbaik dan pengukuhan pengurus baru KDMI. Para peserta tampak antusias dan senang mengikuti seluruh rangkaian acara. Mereka berharap Makrab KDMI Babel dapat terus dilaksanakan setiap tahun sebagai wadah silaturahim dan peningkatan kualitas mahasiswa LDII. (Wicak/Mika)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama