Ponpes Nurul Hakim Pelatihan Pengenalan Ilmu Astronomi


Kediri (21/4). sini1 Pondok Pesantren Nurul Hakim, Kaliawen, Kediri, Jawa Timur menggelar Pelatihan Astronomi untuk para santri pada, Kamis, (20/4).

Pelatihan tersebut dilaksanakan secara teori dan praktek, bersamaan dengan terjadinya gerhana matahari hibrida. Harapannya, para santri tidak hanya memahami ayat atau hadits mengenai ilmu falak, namun mereka dapat mengetahui secara langsung praktek pengamatan, sebagaimana yang disampaikan oleh inisiator pelatihan, Elly Yulianti.

“Pengetahuan sudah mulai bertambah, di pondok pesantren ini kami mempeljari ilmu tentang astronomi atau ilmu falak, kami sangat bangga jika santri kami dapat menguasai ilmu tentang astronomi,” kata Elly Yulianti.

Dalam kesempatan tersebut, Pengasuh Ponpes Nurul Hakim Lukman Abdul Hakim yang biasa disapa Gus Luk, berharap para santri dapat mempelajari ilmu astronomi, sekaligus mendalaminya.

“Tadi sebelum memulai pengamatan, santri kami telah mendapat materi tentang astronomi, mudah-mudahan santri kami, nanti ketika di masyarakat dapat mengembangkan ilmu tersebut,” ujar Gus Luk.

Pelatihan yang dipandu oleh, Madhonna Nur’Aini, mulai dengan pengenalan benda-benda langit juga praktek pengamatan gerhana matahari hibrida melalui teleskop. Menurut Madhonna Nur’Aini, gerhana matahari ada tiga macam, yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari langka.

“Gerhana matahari hibrida pada 20 April 2023 adalah gerhana cincin, gerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian yang secara berurutan di waktu yang bersamaan, jadi ini termasuk gerhana matahari langka, pusat gerhana dapat dilihat di sekitar Ambon,” kata Madhonna Nur’Aini, pemandu pelatihan.

Lebih lanjut, Madhonna Nur’Aini, menambahkan bahwa gerhana matahari hibrida di Indonesia dapat diamati sejak pukul 8.00 hingga 14.00, untuk wilayah Kediri dapat diamati sejak 8.50 dan puncaknya 10.50, namun di Kediri gerhana matahari dapat dilihat 60 pesen dari gerhana matahari total.

Post a Comment

Previous Post Next Post