Musyawarah Daerah VII DPD LDII Kota Balikpapan


BALIKPAPAN – Musyawarah Daerah VII DPD LDII Kota Balikpapan akhirnya memutuskan untuk memilih kembali H. Herry Fathamsyah sebagai Ketua terpilih, Rabu (7/12). Musda berakhir usai Herry kembali dilantik oleh Ketua DPW LDII Kaltim Prof. Dr. Ir. Krishna P Candra, M.S di Hotel Gran Senyiur Balikpapan.

“Apakah Anda bersedia dilantik menjadi pengurus LDII?” tanya Prof. Candra kepada H. Herry Fathamsyah Ketua DPD LDII Kota Balikpapan terpilih masa bakti 2022-2027 beserta Dewan Penasihat dan seluruh Pengurus Harian.

Setelah dilantik, Herry kembali menerima bendera pataka sebagai simbol membawa panji organisasi mengemban amanat dan tanggung jawab sesuai dengan visi dan misi LDII. Dalam prosesi pelantikan, Prof. Candra kemudian menyerahkan bendera pataka LDII kepada Herry Fathamsyah.

“Baik, saya terima bendera pataka ini untuk dikibarkan di seluruh Kota Balikpapan,” ucap Herry Fathamsyah sambil mengibar-kibarkan pataka sebagai tanda dimulainya roda kepengurusan yang baru di hadapan seluruh Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) seluruh Balikpapan.


Musyawarah Daerah VII DPD LDII Kota Balikpapan


Sebelumnya, melalui rapat komisi menanggapi pandangan umum seluruh Pimpinan Cabang, mayoritas mempercayakan kepemimpinan selanjutnya kepada H. Herry. Atas kepercayaan tersebut, Herry memberikan tanggapan dengan sedikit emosional.

“Saya ini umur sudah 65, jadi kalau berjalan tahun depan 66. Secara manusiawi, pikiran, tenaga bukan tambah meningkat, tapi menurun,” tutur H. Herry dengan suara terdengar bergetar.

Ia menambahkan, meski fisik menurun karena usia, tetapi semangat masih berkobar untuk melakukan amal saleh dan amal ibadah. “Karena saya yakin orang-orang di sekitar saya sebagai wakil, baik itu wakil ketua, wakil sekretaris, wakil bendahara, semua yakin tujuannya sama,” tutur Herry.

Ia kemudian mengutip istilah One Sector, One Target. “Jadi semuanya adalah beramal saleh menjalankan program-program yang sudah ditentukan organisasi, baik yang ada di DPP maupun DPW,” tutur Herry.

Untuk itu, kepada seluruh Pimpinan Cabang yang telah memilihnya, H. Herry akan dibantu oleh para wakilnya, terutama Wakil Ketua DPD untuk mendorong gerak organisasi hingga ke tingkat paling bawah.

“Saya harapkan, kepada masing-masing Wakil Ketua untuk menampung seluruh Pertanggungjawaban membuat laporan,” tuturnya. Dirinya berharap, keberadaan Wakil Ketua yang cukup akan mampu mengontrol gerak organisasi di seluruh daerah.

Keberadaan Wakil Ketua DPD yang sudah ditunjuknya diharapkan akan membantu dirinya mengevaluasi program kerja seluruh Pimpinan Cabang. ”Dan itu akan ada evaluasi setiap bulannya,” ujar Herry mengingatkan.

Usai dilantik, Herry memberikan pesan kepada seluruh pengurus LDII untuk melakukan dakwah dengan cara yang moderat. Dakwah yang selalu mengedepankan dan berusaha mengambil posisi tengah dari dua sikap yang berseberangan dan berlawanan.

Hal ini sejalan dengan Presiden Joko Widodo saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) IX LDII di Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin, Jakarta Timur, Rabu (7/4/2021) yang lalu, mengingatkan bahwa Ormas Islam mengembangkan dan melaksanakan moderasi beragama.

Pada kesempatan sebelumnya, Ketua Umum DPP LDII Chriswanto Santoso mengatakan bahwa menjalankan sikap moderat bukan berarti tidak kaffah.

“Sikap moderat bukan berarti orang tersebut tidak kaffah dalam beragama, perilaku toleran adalah perilaku orang-orang saleh yang terdahulu. Justru karena ketakwaannya bisa memelihara kerukunan dalam bangsa yang majemuk,” tutur Chriswanto

Pesan kedua, Herry mendorong seluruh warga LDII di dalam menghadapi pembangunan IKN dan Kota Balikpapan sebagai Kota Penyangga IKN. Setiap warga LDII telah dibekali pesan akhlak dan moral untuk menjalankan enam tabiat luhur di setiap gerak sendi kehidupan, yakni alim fakih, berakhlak mulia, dan mandiri.

Herry Fathamsyah mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Dewan Penasihat, DPP LDII, DPW Kalimantan Timur, DPD kabupaten/kota se-Kalimantan Timur, dan seluruh pengurus dan warga LDII pada umumnya atas kerja sama yang baik, rukun, kompak dalam menjalankan roda organisasi.

Tak lupa juga seluruh dukungan dari para stakeholders, mulai dari TNI/Polri, anggota DPR RI Rudy Mas’ud, Ketua DPRD Kalimantan Timur Hasanuddin Mas’ud, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, Ketua fraksi Golkar DPRD Kota Balikpapan Andi Arif Agung, Camat dan Lurah di seluruh Kota Balikpapan, MUI, FKUB, Kantor Kemenag, Kesbangpol, Kejaksaan Negeri serta tokoh agama dan tokoh masyarakat. (SA/LINES)