Kode

 

kode

Kode dalam komunikasi adalah aturan untuk mengubah suatu informasi menjadi bentuk atau representasi lain, yang tidak harus dalam bentuk yang sama. Di kalangan tertentu kode adalah kesepakatan yang diketahui diantara mereka. 

Mereka menggunakan kode tertentu sebagai pengganti kata, kalimat atau perbuatan. Secara umum kode dimaknai untuk mempermudah komunikasi pribadi dan keakraban.

Dilansir dari media internet, berikut beberapa kode bahasa gaul di kalangan muda.  

Kode 503

Kode 503 memiliki makna nan romantis, yaitu ‘I love you’ atau ‘aku cinta kamu.’ Kode ini berasal dari kalimat Wo Xiang Ni dalam bahasa Mandarin.


Kode 24434

Kode yang satu ini boleh dibilang sebagai pengingat untuk orang yang beragama Islam. Kombinasi angka 24434 diambil dari jumlah rakaat pada setiap salat fardu


Kode 224

Kode 224 berarti 'Today, Tomorrow, Forever' atau 'Hari ini, Besok, Selamanya.' Angka 2 berarti 'two', namun diartikan sebagai 'twoday' atau 'today.'

Sedangkan, angka 2 berikutnya dimaknai sebagai 'tomorrow.' Adapun angka 4 merujuk pada 'four' yang diartikan 'forever.'


Kode 637

Kode 637 berarti 'Always and Forever' atau 'Selalu dan Selamanya.' Tiap angka pada kode tersebut merepresentasikan jumlah kata always, and, serta forever.


Pada dunia bisnis, kode digunakan sebagai label terhadap item barang menjadi data. Khalayak menyebutnya sebagai barcode.  kode batang, kode palang, kode bilah, atau kode bar adalah suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Sebenarnya, kode batang ini mengumpulkan data dalam lebar dan spasi garis paralel dan dapat disebut sebagai kode batang atau simbologi linear atau 1D. 

Selanjutnya, pemanfaatan barcode semakin meluas. Teknologi akses data menempati angkat tertinggi. Selain mudah, dianggap lebih terjaga privacy pengguna. 


0 Komentar