Ponpes Budi Utomo Solo - Surakarta

Ponpes Budi Utomo Solo - Surakarta

 

Pondok Pesantren Modéren Budi Utama Surakarta) merupakan sebuah kompleks pondok pesantren di bawah binaan Lembaga Dakwah Islam Indonesia. Kompleks ini terdiri dari Pondok Pesantren Budi Utomo, SMA Budi Utomo, SMP Budi Utomo, SD Islam Terpadu Bina Insan Thoyibah, dan TK Islam Terpadu Bina Insan Thoyibah.

Pondok Pesantren ini mulai beroperasi pada tahun 1993 dan diresmikan oleh Wakil presiden RI Jusuf Kalla pada 2 Juni 2007.

Pondok Pesantren ini dipimpin oleh Drs. KH. Muhammad Thoyibun, SH., MM.. Terdapat dewan guru beranggotakan 7 orang guru dan saat ini mendidik sekitar 154 santriwan-santriwati yang berasal dari berbagai penjuru daerah di Indonesia. Beberapa diantaranya berasal dari Samarinda dan Merauke.

Dalam kehidupan sehari-hari, santri terbagi menjadi dua kelompok, yaitu santri pelajar dan santri murni. Perbedaan keduanya terletak pada fokus pendidikan.

Santri pelajar bersekolah di sekolah umum, seperti SMAN 1 Surakarta, SMAN 5 Surakarta, SMK Bhinneka Karya Surakarta, dan SMKN 2 Surakarta sembari fokus pada pendidikan pesantren tradisional, sedangkan santri murni fokus pada pendidikan pesantren tradisional saja.

Pendidikan pesantren tradisional di ponpes ini terbagi dalam 4 kategori kelas (Pegon, Lambatan, Cepatan, Saringan) dan menggunakan dua bahasa pengantar, yaitu bahasa Indonesia dan Jawa.

#Ponpes Budi Utomo Solo - Surakarta #ldii solo #ldii surakarta

0 Komentar