LDII Sampit Gelar Pengajian Umum Rutin Bulan Maret 2022

LDII Sampit Gelar Pengajian Umum Rutin Bulan Maret 2022
LDII Sampit Gelar Pengajian Umum Rutin Bulan Maret 2022

SAMPIT. Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sampit melaksanakan kegiatan rutin pengajian umum bulan Maret 2022 pada hari Minggu, (13/3/2022) bertempat di Masjid Barokah Sampit.

Dalam arahannya, Dasuki, SPd Ketua DPD LDII Kabupaten Kotawaringin Timur mengatakan bahwa LDII merupakan organisasi kemasyarakatan yang sah di Republik Indonesia. 

"Surat Keterangan Terdaftar LDII Kotawaringin Timur telah diterbitkan pemerintah daerah melalui dinas Kesbangpol. Berlaku selama 5 tahun dan untuk selanjutnya diperpanjang lagi," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dasuki juga menyampaikan informasi kegiatan-kegiatan LDII di tingkat pusat maupun berbagai wilayah dan  daerah di Indonesia.

Pada sesi penyampaian materi Alquran, Okta mengulas bab puasa ramadhan dimulai dari surat Al Baqarah ayat 183.

"Tidak sampai tiga minggu lagi, insya' Alloh kita akan memasuki bulan ramadhan. Mari dipersiapkan diri sebaik-baiknya. Bagi yang masih mempunyai hutang puasa agar segera menyaurinya," ucapnya.

Penetapan tanggal 1 Ramadhan menunggu pengumuman dari Menteri Agama RI melalui sidang istbat bersama ormas-ormas Islam, termasuk LDII yang pada tahun-tahun sebelumnya selalu ikut serta.

Dilanjutkan dengan pembacaan petunjuk tentang wajibnya peramutan dan pembinaan para pengurus kepada warganya , Muhammad Siroj mengutip dalil-dalil terkait dari Alquran dan Alhadis.


LDII Sampit Gelar Pengajian Umum Rutin Bulan Maret 2022
LDII Sampit Gelar Pengajian Umum Rutin Bulan Maret 2022

"Tiap kalian adalah pemimpin dan akan ditanya atau dimintai pertanggungjawaban tentang kepemimpinannya," katanya mengutip sebuah riwayat hadis dalam kitab Sahih Bukhari.

Beberapa sifat harus dimiliki seorang pemimpin adalah lemah lembut, tidak kasar ucapan dan keras hati, mudah memaafkan terhadap orang lain, sering memintakan ampun atas kesalahan orang lain, dan selalu bermusyawarah dalam urusan umat.

"Tidak ada orang yang lebih banyak bermusyawarahnya dalam memutuskan perkara daripada Nabi Muhammad shalallhu 'alaihi wassalam," katanya.

Sony Sofianor MC kegiatan pengajian mengingatkan bahwa pada bulan ramadhan tahun ini, DPP LDII akan mengadakan asrama pengajian Alquran secara online selama 1 bulan. 

"Dimulai jam 13.30 hingga 15.30 setiap harinya. Dan disiarkan secara langsung melalui Pondok Pesantren Walibarokah Kediri  Jawa Timur. Dimohon setiap PC dan PAC memfasilitasi kegiatan tersebut denga menyiapkan tempat dan perangkat online," jelasnya.

Pengajian yang diikuti warga LDII sekota Sampit tersebut ditutup dengan nasehat agama oleh salah satu dewan penasehat DPD LDII Kotawaringin Timur.


0 Komentar