3 Program LDII Tabanan Diapresiasi Anggota DPD RI Gde Agung

LDII Tabanan Diapresiasi Anggota DPD RI Gde Agung


Mangupura, Tabanan  (27/3) - Anggota DPD RI Gde Agung mengapresiasi tiga progam kerja LDII Tabanan, yakni LDII mereresik, LDII ngejot, dan LDII mejenukan.

Hal ini disampaikan saat menerima kunjungan pengurus DPD LDII Kabupaten Tabanan di Puri Ageng Mengwi, Badung, Minggu (27/3).

“Program kerja LDII Tabanan ini sangat baik, tidak hanya untuk menjaga hubungan dengan sesama manusia, tapi juga melestarikan alam,” katanya.

Gde Agung berpesan tiga hal pada pengurus LDII Tabanan. Pertama, kata Gde Agung, sebagai lembaga dakwah, pendakwah LDII harus konsisten mempraktikkan dakwah sejuk di tengah masyarakat. Dakwah mengajak pada kebaikan tanpa melukai perasaan orang lain.

“Saya mengapresiasi dakwah sejuk yang sudah menjadi program LDII Tabanan. Pertahankan dakwah sejuk itu,” tutur penglingsir Puri Ageng Mengwi, itu.

Pesan kedua agar LDII Tabanan menjaga kerukunan, tidak hanya kepada sesama muslim, tapi juga dengan umat agama lain. “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Nilai-nilai kearifan lokal inilah yang harus dijaga,” terangnya.

Pesan ketiga, Gde Agung meminta pengurus LDII Tabanan ikut menanggulagi penyebaran paham radikalisme. Menurut Gde Agung, ideologi paham radikalisme bertentangan dengan empat pilar kebangsaan: Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Saya berharap pendakwah dan tokoh-tokoh LDII Tabanan bisa ikut mencegah paham radikalisme di tengah masyarakat. Kugantungkan harapan pada para pendakwah LDII Tabanan,” tukasnya.


LDII Tabanan Diapresiasi Anggota DPD RI Gde Agung


Menanggapi pesan Gde Agung, Ketua DPD LDII Tabanan Maulana Sandijaya menyatakan sepakan menjaga kerukunan antarumat beragama. Kerukunan wajib dijaga untuk mencegah konflik sosial. Kerukunan menjadi salah satu kunci untuk menyukseskan program pembangunan pemerintah.

Sebagai anggota Komite 3 DPD RI, Gde Agung mempunyai lingkup tugas di bidang pendidikan, agama, kebudayaan, dan masalah sosial lainnya.

“Untuk menjaga keharmonisan dan kerukunan antarumat beragama itu perlu pejuangan dan pengorbanan. Semua pihak harus menepikan ego sektoralnya,” ujar Gde Agung.

Dalam pertemuan dua jam itu, Gde Agung dan pengurus LDII Tabanan banyak berdiskusi tentang upaya menjaga kerukunan antarumat beragama.  Gde Agung sendiri memiliki pengalaman panjang dalam menjaga kerukunan antarumat beragama.

Saat peristiwa bom Bali, Gde Agung bersama tokoh lintas agama bahu membahu mendinginkan suasana agar tidak terjadi konflik horisontal. Maklum, saat itu sempat beredar beragam kabar miring terkait kehidupan beragama di Bali.

“Program kerja LDII Tabanan ini sangat baik, tidak hanya untuk menjaga hubungan dengan sesama manusia, tapi juga melestarikan alam,” katanya.


LDII Tabanan Diapresiasi Anggota DPD RI Gde Agung


LDII mereresik, LDII ngejot, dan LDII mejenukan

Sandijaya menegaskan, melalui program kerja LDII mereresik, LDII ngejot, dan LDII mejenukan, LDII Tabanan berkomitmen merawat keharomisan kehidupan masyarakat.

“Pada Jumat terakhir setiap bulannya, kami selalu kerja bakti bersih-bersih lingkungan. Saat kurban, kami ngejot ke umat lain. Saat ada warga lain yang meninggal, kami juga datang,” papar Sandijaya.

Sementara terkait kebangsaan, Sandijaya menyatakan Pancasila sebagai ideologi bangsa tidak bisa ditawar. Begitu juga dengan NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945. “Asas organisasi kami juga Pancasila,” tandasnya.

Dalam menggerakkan roda organisasi, LDII Tabanan memiliki motto “Meneguhkan Moderasi Beragama, Menjaga NKRI Berlandaskan Pancasila”. Motto itu tertuang dalam kalender Bali yang ada di setiap rumah warga LDII Tabanan.

Di akhir acara, Sandijaya menyerahkan majalah Nuansa dan plakat khusus sebagai kenang-kenangan. Sedangkan Gde Agung menyerahkan kenang-kenangan berupa buku profil dirinya yang mengangkat tentang sepuluh tahun dirinya mengabdi sebagai bupati. (jay)

#3 Program LDII Tabanan Diapresiasi Anggota DPD RI Gde Agung

Post a Comment

Previous Post Next Post