Sedih Web Sepi Pengunjung, Lakukan ini Supaya Kembali Bergairah

trafik web


Pernah bikin web tapi minim pengunjung atau bahkan tak ada pengunjung sama sekali, atau lebih sakit lagi, ternyata alamat url tersebut belum terindeks di mesin penelusuran google ?

Mungkin sahabat tidak sendirian, tak sedikit admin web yang memiliki permasalahan serupa. Pengennya upload artikel, lalu banyak yang baca, banyak yang nge-share, bisa trending, dapat rangking pertama di google search.    

Ada yang bilang, materi apapun berupa artikel, informasi, promosi, foto atau video di web tidak akan memberikan dampak berarti bagi si penggunggah apabila tidak ada pemirsanya. 

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai upaya agar web sahabat mendapat kunjungan lebih banyak pemirsa :

    

1. Lakukan Riset Kata Kunci

Selalu sertakan kata kunci yang relevan dalam konten Anda. Kata kunci harus digunakan secara alami, tidak terlalu banyak dimasukkan ke dalam konten sehingga mengurangi ide utama atau mengalihkan perhatian pembaca. Penting untuk menggunakan kata kunci di seluruh konten, seperti deskripsi meta, judul halaman, URL, header, dan beberapa kali di seluruh bagian.

Untuk melakukan riset kata kunci, Anda dapat menggunakan alat seperti Moz, Ahrefs, dan SEMrush. Situs-situs ini menunjukkan kata kunci apa yang digunakan pesaing, seberapa sering orang mencari kata kunci, seberapa mahal kata kunci itu untuk iklan bayar per klik, kata kunci terkait, dan banyak lagi informasi berharga untuk memandu strategi kata kunci. Menyewa agen SEO juga selalu menjadi pilihan, karena mereka dapat menawarkan wawasan berharga dan melakukan audit untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin membuat situs Anda tidak ditampilkan di mesin telusur.


2. Buat Konten yang Menarik

Tidak cukup hanya memposting konten; Anda perlu membuat konten yang mudah diingat. Konten yang bermanfaat dan mudah diingat adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan lalu lintas situs web.

Orang-orang menggunakan Google untuk menemukan jawaban yang spesifik, menyeluruh, dan akurat untuk pertanyaan mereka, dan konten Anda harus ada di sana untuk memberikan jawaban tersebut. 

Intinya adalah ketika Anda peduli dengan konten yang Anda hasilkan, posting secara teratur, dan teliti apa yang ingin dilihat audiens Anda, lalu lintas web akan meningkat.


3. Tulis Komentar di Buku Tamu

Posting tamu untuk situs web lain adalah cara yang efektif untuk menghasilkan tautan balik, meningkatkan lalu lintas rujukan, dan meningkatkan peringkat halaman hasil mesin pencari (SERP). Anda harus selalu meneliti situs web secara menyeluruh dalam industri Anda untuk melakukan promosi.

Pertama, lihat konten situs web dan pastikan kualitasnya tinggi, periksa otoritas domainnya, dan pelajari pedoman posting tamu mereka. Juga, tanyakan publikasi apakah mereka akan mempromosikan posting di media sosial dan apakah mereka akan menandai Anda.


4. Aktif di Halaman Media Sosial

Media sosial sangat besar untuk menarik pengunjung. Berikut adalah beberapa cara yang harus digunakan untuk meningkatkan lalu lintas situs web:

  • Posting konten di seluruh platform media sosial Anda
  • Berinteraksi dengan pengikut dengan membalas mereka, memposting ulang konten mereka dan menandai mereka
  • Gunakan hashtag yang relevan
  • Perbarui tautan di bio Anda untuk mempromosikan konten baru ketika keluar
  • Ubah foto sampul untuk mempromosikan konten baru
  • Tag influencer yang mungkin tertarik dengan konten
  • Sertakan informasi menarik dari konten untuk mendorong orang mengeklik tautannya
  • Balas ke orang lain yang mencari jawaban dengan tautan ke konten Anda


Post a Comment

Previous Post Next Post