Belajar Menulis Straight News di Pelatihan Dasar Jurnalistik DPP LDII Batch 5

 

Belajar Menulis Straight News di Pelatihan Dasar Jurnalistik DPP LDII Batch 5

SAMPIT, LDII (27/2). Biro Komunikasi Informasi dan Media DPD LDII kabupaten Kotawaringin Timur mengikuti webinar Pelatihan Dasar Jurnalistik yang diselenggarakan oleh DPP LDII, Minggu (27/2/2022).

Dalam pelatihan angkatan ke-5 tersebut menghadirkan narasumber Tsalisa Nur Aini wartawan  RRI dan Ludhy Cahyana mantan wartawan Tempo. Materi pokok yang disampaikan adalah teknik menulis straight news.

"Straight News adalah berita yang aktual, kejadian terkini dan cepat dipublikasikan. Walaupun begitu, isi berita harus bisa dipertanggungjawabkan," kata Tsalisa.

Selanjutnya ia menyampaikan ciri-ciri Straight News diantaranya tetap memuat unsur 5W plus 1H, bahasa lugas, isi beritanya aktual dan penting, rinci dan singkat.

5W plus 1H meliputi, What : Apa yang terjadi? Who : Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu? Why : Mengapa hal itu bisa terjadi? When : Kapan peristiwa itu terjadi? Where : Di mana peristiwa itu terjadi? dan How : Bagaimana peristiwa itu terjadi?

"Terdiri  dari 2-5 paragraf, ditulis dengan susunan piramida terbalik, yaitu dari hal-hal terpenting ke hal-hal pelengkap yang kurang penting. Judul ditulis dengan singkat, jelas, dan mencerminkan isi pokok berita, serta judul tidak lebih dari 7 kata," ujarnya.

Sementara pada sesi tanya jawab, nampak antusias peserta yang penasaran dengan pembuatan naskah berita straight news. Beberapa pertanyaan meliputi,  bagaimana cara pengutipan nara sumber, kaidah penulisan Bahasa Indonesia, hingga cara publikasi di media cetak atau online.  

Prijo, biro KIM LDII Sampit menyatakan rasa puasnya atas kegiatan webinar ini, “Saya berharap peserta webinar yang ada di Sampit bisa menerapkan ilmu jurnalistik. Terutama generasi muda, bisa belajar lebih banyak lagi dan menjadi penyampai informasi yang santun dan profesional." 

Kegiatan diikuti lebih dari 300 titik studio DPW dan DPD di Indonesia. Dimulai pukul 08.00 wib hingga pukul tiga sore dengan diselingi isoma.(Dwi Endah).

 

2 Komentar