10 Unsur Peristiwa Bernilai Berita

10 Unsur Peristiwa Bernilai Berita


JAKARTA, LDII. Berita adalah laporan yang menginformasikan tentang fakta yang sedang maupun sudah terjadi dan disampaikan melalui perantara media. Hal ini disampaikan Tsalisa Nur Aini wartawan  RRI pada acara pelatihan dasar jurnalistik angkatan ke-5 DPP LDII, Minggu (27/2/2022).

"Tidak semua fakta yang muncul dapat dijadikan berita, karena itu suatu fakta baru dapat dikatakan menjadi berita bila memiliki nilai berita," katanya.

Sepuluh unsur yang menjadikan sebuah peristiwa memiliki nilai berita meliputi; Penting (significance), Aktualitas (timeliness), Pengaruh (magnitude), Kedekatan (proximity), Dampak atau akibat (impact), Ketokohan (prominence), Konflik (conflict), Ketertarikan manusia (human interest), Keluarbiasaan (unusualness), dan Kekinian (currency).

Sementara Ludhy Cahyana dari Departemen Komunikasi Informasi dan Media DPP LDII memberikan penegasan pada unsur prominence (ketokohan) berkaitan dengan  laporan kegiatan di DPW atau DPD.

"Meskipun peristiwa sebuah berita berada di daerah, apabila  memenuhi unsur prominence maka dapat diangkat menjadi berita utama," ujarnya.

Berita kegiatan LDII dapat dibaca di official website yang beralamat di ldii.or.id . "Saat ini ada 40 website yang dikelola DPP LDII, termasuk web LDII provinsi dan kabupaten," kata Rulli Kuswahyudi ketua DPP LDII.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas KIM di seluruh Indonesia dan membentuk tim LDII News Network (LINES) yang dikoordinir oleh KIM DPW dan DPD. 

Acara ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pemberitaan dan informasi mengenai kontribusi LDII kepada Bangsa dan Negara. 

Acara dilaksanakan setiap hari Sabtu dari pukul 09.00-15.00 WIB, mulai 29 Februari sd 2 April 2022.  (PS/*)



0 Komentar