ldii tanam pohon


BONTANG, LDII – Pimpinan Cabang Lembaga Dakwah Islam Indonesia (PC LDII) Bontang Selatan menyelenggarakan penanaman pohon di area RTH Kecamatan Bontang Selatan di RT 08 Kelurahan Bontang Lestari, Sabtu (18/12/21).

Kegiatan yang dimulai 08.00 Wita didukung Pemerintah Kecamatan Bontang Selatan dan diikuti berbagai kalangan serta komunitas penggiat lingkungan di Bontang. Antara lain Komunitas Berbuat Aja, Gerakan Pemuda Bontang Lestari, KP2BL, Karang Taruna dan Generasi Pemuda LDII.

Hadir Ketua MUI Bontang Selatan H. Baharuddin, Wakapolsek Bontang Selatan Iptu Mandiono, Lurah Berbas Tengah Candra S.Ip, Babinsa serta Babinkamtibmas.

Camat Bontang Selatan H. Budiman, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada LDII yang berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini. “Kegiatan ini sebagai bentuk kegiatan peduli lingkungan. Saya menyambut baik  kegiatan ini, dan semoga kegiatan ini bisa dilanjutkan pada waktu mendatang,“ katanya.

Sementara itu, Ketua PC LDII Bontang Selatan Suparyono, menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk langkah dalam merawat dan melestarikan lingkungan dan hutan. “Kita semua sudah melihat sendiri apa akibatnya bila kita tidak merawat alam. Main asal tebang pohon, akhirnya bencana seperti banjir dan longsor datang dan akan menyusahkan kita semua,” ucapnya.


ldii tanam pohon


Paryono juga mengingatkan, bahwa urusan pelestarian alam bukanlah masalah kecil, karena menyangkut masa depan anak cucu. Menurutnya, dengan menanam pohon berarti sedang menanam doa dan harapan untuk keberlangsungan hudup generasi yang akan datang.

Sementara Ketua MUI Bontang Selatan Baharuddin dalam sambutannya menjelaskan bahwa menjaga lingkungan bukan sekedar kegiatan biasa, namun juga mengandung unsur ibadah.

Ketua DPD LDII Kota Bontang Anton Kuswanto yang turut mendampingi kegiatan ini memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan instruksi Dewan Pimpinan Pusat LDII. Mengutip pernyataan Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto Santoso, Anton menyampaikan terkait lingkungan hidup, LDII telah memulai kampanye menanam pohon atau Go Green, sejak 2007 bekerja sama dengan MUI Jawa Timur.

Program terus dilanjutkan, dan pada 2011, dilaksanakan pencanangan di Kendari. Tidak hanya hutan di tanah kering, tetapi juga di pantai. Sampai saat ini warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia di seluruh Indonesia tercatat sudah menanam 3,5 juta pohon, dengan tingkat kematian hanya 7 persen.

Acara dilanjutkan dengan foto bersama dan penanaman bibit pohon Ulin, Matoa dan pohon lainnya. Tidak kurang dari 100 bibit pohon ditanam tersebar di area RTH Bontang Lestari. (dar)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama